Studi Kepuasan Konsumen Pada Tempat Penyedia Makanan di Kampus Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSB.002.1.03Keywords:
kepuasan konsumen, penyedia makananAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran kepuasan konsumen pada tempat penyedia makanan di kampus A Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilakukan di lingkungan kampus A Universitas Negeri Jakarta sejak Januari 2019 hingga Januari 2020. Penelitian ini menggunakan metode survei. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para civitas akademika dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Teknik uji instrumen menggunakan uji validitas dengan metode korelasi product moment di mana 28 butir pernyataan dinyatakan valid karena nilai rhitung > rtabel dan uji reliabilitas dengan metode alpha cronbach di mana 28 butir pernyataan yang valid dinyatakan reliabel karena nilai koefisien reliabilitas R11 > 0.6. Hasil dari perhitungan dengan uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa di Beranda Resto & Café kualitas pelayanan menjadi faktor pilihan konsumen dengan nilai mean sebesar 4.08, di kantin Blok M dan kantin Blok G faktor harga menjadi faktor pilihan konsumen dengan nilai mean sebesar 4.13 dan 4.19, sedangkan di Terrace Café faktor kemudahan menjadi faktor pilihan konsumen dengan nilai mean sebesar 4.12. Secara keseluruhan, kualitas pelayanan ialah faktor pilihan konsumen pada tempat penyedia makanan di kampus Universitas Negeri Jakarta dengan nilai mean sebesar 4.08.
Kata kunci: kepuasan konsumen, penyedia makanan