HUBUNGAN ANTARA KUALITAS MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR OJEK ONLINE

Authors

  • Dita Veni Lufiana Universitas Negeri Jakarta
  • Rina Febriana
  • Suci Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.21009/JSB.002.1.02

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR OJEK ONLINE (STUDI KASUS DI KANTIN BUNDA, KARAWANG)

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas makanan dengan kepuasan pelanggan pengguna layanan ojek online. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey  untuk mencari hubungan kausal antara variabe melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 67 orang pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari 3 kali di Kantin Bunda Karawang. Penganmilan sampel menggunakan teknik sampel randoom dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google ddocs. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji korelasi, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji korelasi spearman. Berdasarkan penelitian taraf kesalahan yang digunakan adalah 0,05. Hasil model analisis korelasi menunjukan terdapat huungan antara kualitas makanan dengan kepuasan pelanggan pengguna layanan pesan antar ojek online dengan nilai rho hitung 0,57 lebih besar dari rho tabel 0,20. Berdasarkan hasil perhitungan karena rho hitung lebih besar dari rho tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas makanan dengan kepuasan pelanggan pengguna layanan pean antar ojek online.

 

Kata kunci : Kualitas Makanan, Kepuasan Pelanggan, Layanan Pesan Antar Online

 

 

RELATIONSHIP BETWEEN FOOD QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION ON ONLINE OJEK MESSAGE SERVICE (CASE STUDY IN KANTIN BUNDA, KARAWANG)

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the relationship between food quality and customer satisfaction of users of online motorcycle taxi services. This type of research is survey research to find causal relationships between variables through hypothesis testing. This study conducted with a total of 67 respondents who made purchases more than three times at the Kunda Bunda Karawang. Sampling using the Random sample technique by distributing questionnaires using Google Docs. Data analysis method used in this study is to use a correlation test, while to test the hypothesis using the Spearman correlation test. Based on the research the error level used was 0.05. The results of the correlation analysis model show that there is a relationship between the quality of food and customer satisfaction of users of messaging services between online motorbike taxi drivers with assisted rho values ​​of 0.57 higher than rho table 0.20. Based on the results of the calculation because rho counts are more significant than rho table, it can be concluded that there is a relationship between food quality and customer satisfaction among service users among online motorbikes.

 

Keywords: Food Quality, Customer Satisfaction, Online Delivery Service

 

Downloads

Published

2020-11-26

How to Cite

Lufiana, D. V., Febriana, R., & Rahayu, S. (2020). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS MAKANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR OJEK ONLINE. Jurnal Sains Boga, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.21009/JSB.002.1.02