Peran Humas PT. Pertamina (Persero) Dalam Membangun Komunikasi Dua Arah Yang Efektif

Authors

  • Riastri Novianita Fakultas Ilmu dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Cindya Yunita Pratiwi Fakultas Ilmu dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.2

Keywords:

Peran Humas, Komunikasi Efektif, Komunikasi Dua arah

Abstract

PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang produk Bahan Bakar Minyak dan LPG, tidak dipungkiri akan melakukan kontak dengan pelanggan seperti bagaimana dalam menghandel segala bentuk pertanyaan dan keluhan pelanggan serta menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar. Hal ini penting sebagai upaya untuk meningkatkan citra yang baik di mata masyarakat. Maka dari itu diperlukannya komunikasi dua arah yang efektif. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data peneliti melakukan penelitian dan juga studi dokumen yang ada. Menggunakan metode studi kasus karene peneliti ingin menguraikan bentuk fenomena yang ada serta menguraikan secara mendalam terkait bagaimana humas PT. Pertamina (Persero) membangun komunikasi. Dari hasil peneltian yang didapat, bahwa dalam menerapkan komunikasi yang baik, humas PT. Pertamina (Persero) memfasilitasi para pelanggan dengan menciptakan layanan pelanggan “customer care 135”, selain itu dalam memudahkan akses telah berjalan program digitalisasi SPBU yang diharapkan akan mempermudah konsumen dalam mendapatkan informasi. PT. Pertamina (Persero) juga tidak lupa dengan masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan dalam rangka pencegahan dan juga penanganan covid-19 ke beberapa wilayah area kerja.

References

Book
Cengara, & Hafied. (2011). Makalah Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali.
Effendi, & Uchjana, O. (2010). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya .
Moeleong, & Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabera.
Mulyana, & Dedi. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sendjaja, & Djuarsa. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Veitzhal, & Rivai. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.
Widjaya. (2010). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Online Articles
No Title. (2020). https://www.pertamina.com

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Novianita, R. ., & Pratiwi, C. Y. . (2020). Peran Humas PT. Pertamina (Persero) Dalam Membangun Komunikasi Dua Arah Yang Efektif. Communications, 2(2), 25–39. https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.2