Studi Literatur Kompetensi Komunikasi di Bidang Manajemen

  • Hugo Fostin Hokianto Universitas Widya Dharma Pontianak
Keywords: Kompetensi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Organisasional, Manajemen, Studi Literatur

Abstract

ABSTRACT

This research is aimed to review competency communication as a relevant research subject used for management study, by recapitulating theories and previous researches related to the variable in order to gain an understanding and its development toward the subject. This paper uses literature review as its research methodology, using of total 17 books and 13 scientific articles (3 of which is a final assignment) to compose this paper. Results of this paper shares the definitive definition of competence communication, as an individual’s communication mastery and experience towards other person efficiently and effectively to achieve everyone’s goals; describing the characteristics that supports the definition, with the basis of Spiztberg and Cupach’s opinion, then Trenholm & Jensen deiatiling the characterisics, and using the Regulation of the Minister of State Apparatus Empowerment and Bureaucratic Reform Number 38 of 2017 to applying it in the government in practice; checking the indicators used as previous researches measurements, by looking at Wiemann, Payne, Shockley & Zalabak, dan Sriussadaporn-Charoenngam & Jablin’s indicators; and reviewing competence communication as a research variable related to previous researches, consisting of leadership styles, performance, work satisfaction, and self-efficacy, with training and organizational culture as a potential research variable to reviewed with competence communication.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk meninjau kembali kompetensi komunikasi sebagai subjek penelitian yang relevan digunakan di studi manajemen, dengan mengikhtisarkan teori-teori dan penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan variabel tersebut untuk mencapai pemahaman dalam perkembangan tentang subjek tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan sebagai metode penelitian, dengan jumlah 17 buku dan 13 artikel ilmiah (3 diantaranya terdiri dari 2 Tesis dan 1 Skripsi) digunakan untuk menyusun penelitian ini. Hasil penelitian ini memaparkan definisi yang dapat menyimpulkan maksud dari kompetensi komunikasi, yaitu penguasaan dan pengalaman seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain secara efektif sehingga tercapai tujuan yang ingin dicapai oleh semua pihak; menjelaskan karakteristik-karakteristik yang mendukung definisi tersebut, dengan mendasarinya dari pendapat Spitzberg dan Cupach, kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh Trenholm dan Jensen, serta menggunakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 untuk melihat praktiknya dalam segi pemerintah; melihat pengukuran-pengukuran yang telah dilakukan dalam penelitian-penelitian terdahulu, dengan melihat indikator-indikator milik Wiemann, Payne, Shockley & Zalabak, dan Sriussadaporn-Charoenngam & Jablin; dan mengkaji kompetensi komunikasi sebagai variabel penelitian yang disebutkan oleh penelitian sebelumnya, termasuk gaya kepemimpinan, kinerja, kepuasan kerja, dan efikasi diri sebagai variabel yang telah diteliti sebelumnya, dan pelatihan dan budaya organisasi sebagai variabel penelitian berpotensi untuk diteliti bersama dengan kompetensi komunikasi.

References

Adler, R. B., Rodman, G., & DuPre, A. (2016). Understanding Human Communication (13th Edition). New York: Oxford University Press.
Adyawanti, T. (2017). Kompetensi Komunikasi. ProLIstik, 2(1), 103-108.
Alberts, J. K., Nakayama, T. K., & Martin, J. N. (2018). Human Communication in Society (5th Edition). New Jersey: Pearson.
Beale, J. (2002). Is Communicative Language Teaching a Thing of the Past? Babel, 37(1), 12-16, 37-38.
DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th Edition). Essex: Pearson.
Duwit, F. (2015). Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung Kabupaten Raja Ampat Propinsi Papua Barat). Jurnal EMBA, 3(4), 130-141.
Edwardin, L. T. (2006). Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT POS Indonesia (PERSEROAN) Se-Kota Semarang. Tesis Universitas Diponegoro, Semarang.
Hannawa, A. F., & Spitzberg, B. H. (2015). Communication Competence. Berlin: De Gruyter Mouton.
Hargie, O. (2019). The Handbook of Communication Skills (4th Edition). New York: Routledge.
Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. POS Pusat Batam. Jurnal BENING, 7(1), 105-118.
Jubaedah, E. (2009). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kompetensi Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Administrasi, 6(4), 399-412.
Kabu, S. R. (2019). Kompetensi Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara. Thesis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Lane, S. D. (2009). Interpersonal Communication: Competence and Contexts (2nd Edition). Boston: Pearson.
Lestari, S. W., Hafizah, & Nahrisah, E. (2022). Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi, 2(3), 81-96.
Liliweri, A. (2017). Komunikasi AntarPersonal. Jakarta Timur: Prenada Media.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications, Inc.
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2016). Theories of Human Communication (11th Edition). Illnois: Waveland Press Inc.
Oetzel, J. G., & Ting-Toomey, S. (2012). The SAGE Handbook of Conflict Communication (2nd Edition). California: SAGE Publications, Inc.
Pearson, J. C., Nelson, P. E., Titsworth, S., & Harter, L. (2010). Human Communication.(6th Edition). New York: McGraw-Hill.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017.
Purnamasari, I., & Cupiandi, H. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Komunikasi terhadap Kinerja Kurir di J&T Express. Journal of Knowledge Management, 14(1), 1-8.
Putri, K. P. (2014). Hubungan Antara Kompetensi Komunikasi Interpersonal dan Kinerja pada Karyawan GM Production. Skripsi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Rahman, A. (2015). Kompetensi Komunikasi Calon SDM Public Relations. Jurnal Visi Komunikasi, 14(2), 255-271.
Rapareni, Y. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Komunikasi, Kecerdasan Emosional, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Radio Republik Indonesia Palembang. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 3(1), 35-59.
Rickheit, G., & Strohner, H. (2008). Handbook of Communication Competence (Vol. 1). Berlin: Walter de Gruyter.
Riinawati. (2019). Pengantar Teori: Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Bantul: Pustaka Baru Press.
Sahem, M., Ichsan, & Bachri, N. (2020). Servant Leadership dan Kompetensi Komunikasi: Dampaknya terhadap Kepuasan dan Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Aceh Utara. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 5(1), 32-47.
Saputra, N. (2020). Business Communication: Konsep & Praktek Berkomunikasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Setiawan, M., Unde, A. A., & Farid, M. (2014). Kompetensi Komunikasi Aparatur Sipil Negara Terhadap Kinerja dalam Budaya Organisasi pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(4), 243-248.
Simanjuntak, M., Anwar, Handiman, U. T., Sugiarto, M., Lie, D., Hutabarat, M. L., . . . Afriansyah. (2022). Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Trenholm, S., & Jensen, A. (2013). Interpersonal Communication (7th Edition). New York: Oxford University Press.
Umar, H. (2000). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umar, M. A., Meutia, & Heriani. (2022). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Kompetensi Relasional, Kompetensi Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Bappeda Kabupaten Bima. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 5(2), 231-240.
Published
2023-02-01
How to Cite
Hokianto, H. F. (2023). Studi Literatur Kompetensi Komunikasi di Bidang Manajemen. Communications, 5(1), 372-417. https://doi.org/10.21009/communications.5.1.7