MEMAHAMI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA

  • Ahmad Khairul Nuzuli INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI
Keywords: penggunaan media sosial, facebook, ibu rumah tangga

Abstract

Facebook adalah salah satu aplikasi media sosial yang sangat banyak diminati. Facebook menawarkan berbagai fitur seperti status, foto, video, stories, bahkan marketplace dengan sesame penggunanya. Kecenderungan untuk tampil di media sosial sekarang Facebook banyak di isi oleh ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mahamai bagaimana penggunaan Facebook di kalangan ibu rumah tangga di Desa Sungai Liuk, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orangibu rumah tangga. Hasil penelittian menujukkan bahwa pada umumnya Ibu Rumah Tangga di Desa Sungai Luik menggunakan Facebook sebagai wadah penunjang pekerjaan dan ekonomi keluarga,pengisi waktu luang dan hiburan, media hubung silaturahmi, media mencari informasi. Klasifikasi waktu penggunaan media sosial pada ibu rumah tangga dominan sekitar pukul 15.00 s/d 18.00, pada umunya ibu rumah tangga di Desa Sungai Luik rendahnya literasi dalam hal bijak bemedia sosial  dan tidak semua fitur facebook digunakan.

References

Andarusni Alfansyur, M. M. (2020). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL. Jurnal Historis, 5(2).
Aziz, M., & Nurainiah, N. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA DI DESA DAYAH MEUNARA Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 4(2), 19. Https://Doi.Org/10.22373/Al-Ijtimaiyyah.V4i2.4204
Dinda Nurul Aini. (2018). Pengaruh Budaya Literasi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1).
Haryanto, H. (2019). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Pemanfaatan Social Media Networking Sebagai Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dan Pemustaka. Jurnal Pustaka Ilmiah, 1(1), 77. Https://Doi.Org/10.20961/Jpi.V1i1.33090
Lesmana Marselino, T. (2022). Kajian Ekspresi Diri Pada Ruang Publik Dunia Maya Dalam Perspektif Ontologis Layanan Internet World Wide Web. Kalbiscientia Jurnal Sains Dan Teknologi, 9(1), 14–23. Https://Doi.Org/10.53008/Kalbiscientia.V9i1.212
Meinawati, E., & Baron, R. (2019). Media Sosial Dan Pembelajaran: Studi Efektivitas Penggunaan Facebook Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 34–51. Https://Doi.Org/10.20414/Jtq.V17i1.679
Muhammad, W. I. (2017). Facebook Sebagai Media Baru Tafsir Al-Quran Di Indonesia. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 69–80. Https://Doi.Org/10.24090/Maghza.V2i2.1570
Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I., Asbari, M., Santoso, P. B., Saifuddin, M. P., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Ong, F., & Kusumaningsih, W. (2020). Minat Dan Hambatan Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi: Studi Eksploratori Pada Mahasiswa Doktoral Di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 219–228. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V4i1.348
Pyszczynski, T., Greenberg, J., Solomon, S., Arndt, J., & Schimel, J. (2004). Why Do People Need Self-Esteem? A Theoretical And Empirical Review. Psychological Bulletin, 130(3), 435–468. Https://Doi.Org/10.1037/0033-2909.130.3.435
Renia Febriani. (2021). Fenomena Penggunaan Facebook Dikalang Ibu Rumah Tangga. Jurnal Komunikasi.
Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses And Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207. Https://Doi.Org/10.14203/J.Baca.V40i2.476
Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. Https://Doi.Org/10.46937/17201926848
Susanti, N., & Alfurqan, A. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Akhlak Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kampung Durian Kandang. As-Sabiqun, 4(5), 1362–1374. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V4i5.2260
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi Dan Media Sosial (Communications And Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. Https://Doi.Org/10.26623/Themessenger.V3i2.270
Yusuf Hartawan. (2019). Fenomena Kalangan Pengguna Media Sosial Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Kalangan Pengguna Media Sosial Facebook Generasi X Di Kota Bandung). Paradigma Polistaat Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Https://Doi.Org/10.23969/Paradigmapolistaat.V2i1.1662
Zubair, A. (2017). Fenomena Facebook: Keterlibatan Teknologi Komunikasi Dalam Perkembangan Komunikasi Manusia. Jurnal Aspikom, 1(1), 60. Https://Doi.Org/10.24329/Aspikom.V1i1.8
Published
2023-01-31
How to Cite
Nuzuli, A. K. (2023). MEMAHAMI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA. Communications, 5(1), 533-570. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/31920