PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @NPUREOFFICIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NPURE

  • Remares Rizqia Luthfiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Brand Ambassador, Social Media, Keputusan Pembelian, Teori SOR

Abstract

Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, berbagi, dan membentuk ikatan sosial, sehingga untuk menghadapi persaingan bisnis di tengah perkembangan teknologi, penggunaan brand ambassador dan social media menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam promosi dan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Brand ambassador Npure Afgansyah Reza dan Isyana Sarasvati merupakan media yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi serta terhubung dengan publik dengan harapan penjualan akan meningkat dengan promosi memanfaatkan popularitas brand ambassador, ketika brand ambassador menggunakan produk, atau memberikan informasi melalui social media. Social media Instagram @npureofficial digunakan sebagai referensi sumber informasi terkait produk Npure sehingga akan menimbulkan ketertarikan untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dan teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response. Objek yang digunakan adalah brand ambassador Npure yaitu Afgansyah Reza dan Isyana Sarasvati serta social media Instagram @npureofficial. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang berasal dari followers akun instagram @npureofficial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda, kemudian dilakukan uji t dan uji f serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa brand ambassador dan social media terbukti secara parsial dan simultan dapat meningkatkan keputusan pembelian produk Npure.  Pengaruh yang diberikan oleh brand ambassador dan social media sebesar 61,3% dan sisanya 38,7% merupakan konstribusi dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Published
2023-01-31
How to Cite
Remares Rizqia Luthfiana. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM @NPUREOFFICIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NPURE . Communications, 5(1), 372-397. https://doi.org/10.21009/communications.5.1.6