STRATEGI PENYALURAN ASPIRASI PUBLIK OLEH PARLEMEN PEREMPUAN THAILAND: ANALISIS POLA KOMUNIKASI POLITIK

Authors

  • Darra Ananda Universitas Lampung
  • Raden Ayu Marizka A LSPR

DOI:

https://doi.org/10.21009.coms7.1.4

Keywords:

komunikasi politik, repersentasi gender, parlemen perempuan, retorika persuasif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi politik dalam penyerapan dan penyaluran aspirasi publik oleh parlemen perempuan di Thailand, dengan fokus pada Chitpas Tant Kridakorn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan wawancara mendalam dan studi pustaka. Penelitian ini mengkaji bagaimana Chitpas, sebagai seorang anggota parlemen perempuan, menggunakan strategi komunikasi politik dan retorika persuasif untuk menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama dalam isu-isu sosial yang melibatkan anak-anak, pendidikan, dan kelompok masyarakat rentan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Chitpas berhasil membangun kredibilitas dan kepercayaan publik melalui penggunaan ethos, pathos, dan logos dalam retorikanya. Ia juga menunjukkan empati yang kuat terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya dalam menangani isu-isu yang berkaitan dengan kesejahteraan anak-anak dan akses pendidikan. Dalam proses penyerapan aspirasi, Chitpas menerapkan pendekatan kolaboratif dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa kebijakan yang dihasilkan bersifat inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Selain itu, konsep representasi gender terwujud dalam kepemimpinan Chitpas yang menunjukkan peran penting perempuan dalam memperjuangkan isu-isu sosial di tingkat parlemen. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran perempuan dalam politik, serta bagaimana strategi komunikasi yang tepat dapat digunakan untuk memperkuat representasi dan keberagaman dalam pengambilan keputusan publik.

References

Aristotle. (1954). On rhetoric (trans. W. Rhys Roberts). London: Random House.

Aristotle. (1959). Rhetoric. Edited by Ross, W.D. Oxford: Oxford UP.

Bennett, W. L. (2018). A new era of minimal effects? The changing foundations of political communication. Journal of Communication, 58(4), 707–731.

Chitpas. (2024, January 13). Instagram. Retrieved January 31, 2024, from https://www.instagram.com/p/C2BguB8pMxl/

Eagly, A. H. (1990). Gender and Leadership Style: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin 108 (2), doi.org/10.1037/0033-2909.108.2.233., 233-256.

Goertz, G., & Mazur, A. G. (2008). Politics, Gender, and Concepts: Theory and Methodology. United Kingdom: Cambridge University Press.

Hülsheger, U. R. (2013). Benefits of Mindfulness at Work: The Role of Mindfulness in Emotion Regulation, Emotional Exhaustion, and Job Satisfaction. Journal of Applied Psychology 98 (2): https://doi.org/10.1037/a0031313, 310-325.

Inter-Parliamentary Union. (2023, May). Parliaments Thailand. Retrieved August 1, 2024, from https://www.ipu.org/parliament/TH

Jamieson, K. H. (2017). Echo chamber: Rush Limbaugh and the conservative media establishment. Oxford University Press.

Lemoine, G. J., Aggarwal, I., & Steed, L. B. (2016). When Women Emerge as Leaders: Effects of Extraversion and Gender Composition in Groups. The Leadership Quarterly 27 (3): https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2015.12.008, 470-486.

Matthes, J. &. (2018). Content analysis: A methodological primer for political communication research. In K. Kenski & K. H. Jamieson (Eds.). The Oxford Handbook of Political Communication: Oxford University Press, 53-72.

McCombs, M. &. (2014). The agenda-setting function of mass media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176-187.

O’Neil, Tam, Plank, G., & Domingo, P. (2015). Literature review: Support to women and girls’ leadership: A rapid review of the evidence. Overseas Development Institute (ODI).

Sinpeng, A. (2022). “Women’s Political Leadership in the ASEAN region: Research Report.” . University of Sydney and Universitas Gadjah Mada .

Strömbäck, J. &. (2014). Mediatization of politics: Understanding the transformation of Western democracies. Palgrave Macmillan.

Stromer-Galley, J. (2014). New technologies, new questions: Using the internet for political research. In L. L. Kaid (Ed.), Handbook of political communication research. pp. 129–151: Routledge.

Subramanian, R. B. (2016). Women leadership in organization. . Indore Management Journal, 8(2), 15-26.

Suriyasarn, B. (2017). Communicative dynamics in Thailand’s 2016 referendum on the constitution: Implications for democratic deliberation. Journal of Asian Pacific Communication, 27(2), 166–188.

UN Women. (2018, November 6). Women’s Leadership and Political Participation. Retrieved August 2, 2024, from https://asiapacific.unwomen.org/en/countries/thailand/promoting-womens-leadership-and-participation-in-decision-making

UN Women. (2022). Women's Leadership in the ASEAN Region: Data Snapshot. asiapacific.unwomen.org.

Kulachai, Waiphot S. C. (2024). Political communication and political success: The art of effective messaging. Kasetsart Journal of Social Sciences, 681-694.

World Economic Forum. (2017). Global Gender Gap Report. Switzerland: weforum.org.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Darra Ananda, & Marizka A, R. A. (2025). STRATEGI PENYALURAN ASPIRASI PUBLIK OLEH PARLEMEN PEREMPUAN THAILAND: ANALISIS POLA KOMUNIKASI POLITIK. Communications, 7(1), 74–103. https://doi.org/10.21009.coms7.1.4