Special Event Management Dalam Membangun Social Identity

Penulis

  • Abdul Kholik Universitas Negeri Jakarta
  • Aisyah Nurul Ramadhani
  • Dinda Azaria Rowi
  • Mega Annisa Ramadhany

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.06

Kata Kunci:

event khusus, identitas sosial, manajemen acara

Abstrak

Event dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan yang diselenggarakan baik itu oleh individu maupun oleh sekelompok orang, yang memiliki tujuan dan maksud tertentu sehingga mencapai tujuan yang hendak diperoleh melalui agenda tersebut. Sisi sosial juga penting dalam event yang diadakan sehingga pengunjung dapat secara serentak berkumpul untuk mengikuti kegiatan dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus merayakan momen tertentu. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji bagaimana implementasi special event management yang dilakukan oleh Pelaksana kegiatan kaitannya dengan membangun Identitas Sosial.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan situasi sosial yang diteliti dengan meliputi aspek tempat (place), pelaku (people), dan aktivitas (activity) yang saling berkaitan secara sinergis. Sumber data penelitian dalam penelitian kualitatif mengenai strategi Special Event Management dalam membangun Social Identity ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data Primer diperoleh dari hasil wawancara dengan subyek penelitian serta pelaksana lain yang terlibat dalam kegiatan yang diadakan tersebut. Data Sekunder pada penelitian ini adalah data dokumentasi hasil penelusuran peneliti.

Hasil penelitian ini adalah dalam keterlibatan special event, identitas sosial dapat dibangun dengan rasa kekeluargaan dan berkaitan dengan tren terkini. Selain itu, aktualisasi diri menjadi dasar dalam identitas sosial ini, dan terdapat utilitarianisme yang ingin diperoleh dari special event.

 

Referensi

. (2020). Pengertian Utilitarianisme, Macam, Ciri, Dampak, dan Contohnya. DosenPPKN . https://dosenppkn.com/utilitarianisme/ diakses 2 November 2020
Fenich, George G. 2015. Planning and Management of Meetings, Expositions, Events, and Conventions. Pearson : England.
Goldblatt, Dr Joe. 2013. Special Events “Creating and Sustaining a New World For Celebration”. John Wiley & Sons.
Irawan, A. W., Mappiare-At, A., & Muslihati, M. (2018). Identitas Sosial Remaja Suku Mandar dalam Pappasang: Implikasi bagi Penyusunan Bahan Bimbingan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 171-181. doi:10.17977/um001v3i42018p171
Kholik, A. (2020a). Implementasi Program Humas Sekolah. Manajemen Humas Sekolah. Widina Bhakti Persada Bandung.
__________. (2020b). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 95 - 103. https://doi.org/10.21009/Communicology.013.07
Lailiyah, N. (2016). Presentasi Diri Netizen Dalam Konstruksi Identitas Di Media Sosial Dan Kehidupan Nyata. Jurnal Ilmu Sosial, 15(2), 103. doi:10.14710/jis.15.2.2016.103-110
Mutiah, Tuty. (2020) Trend Youtuber di Generasi Millenial dalam Pengembangan Kreativitas. Jurnal Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 1, No 1 (2020)
Rachman, A., & Permatasari, N. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Dan Kepercayaan Diri Terhadap Aktualisasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 5(1), 10. doi:10.26858/jppk.v5i1.7876
Sarifah, Rusdah. (2016). Identitas Sosial Dengan Prasangka Pada Prajurit Tni Ad Terhadap Anggota Kepolisian. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT). Vol. 04, No.01, Januari 2016. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v4i1.2879
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Diterbitkan

2020-12-18

Cara Mengutip

Kholik, A., Aisyah Nurul Ramadhani, Dinda Azaria Rowi, & Mega Annisa Ramadhany. (2020). Special Event Management Dalam Membangun Social Identity. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.06