Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Untuk Meningkatkan Niat Beli Konsumen

Penulis

  • Prima Alvernia LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.010

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara faktor-faktor iklan di media sosial (tampilan, repetisi, celebrity endorsement, konten, dan pilihan media) terhadap niat beli konsumen. Dengan mengetahui hal tersebut, penelitian ini dapat memberikan informasi penting bagi tenaga pemasar untuk meningkatkan niat beli konsumen melalui iklan yang ditampilkan melalui media sosial, terutama Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari 327 responden, yang pernah melihat dan merespon iklan kosmetik yang ditampilkan di Instagram. Data dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa H1, H2, H3, H4, dan H5 diterima. Secara parsial, tampilan, repetisi, celebrity endorsement, konten, dan pilihan media dari sebuah iklan di Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Meskipun begitu, tiap faktor memiliki signifikansi yang berbeda. Faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah tampilan (0,287), diikuti dengan pilihan media (0,272), konten (0,246), repetisi (0,213), dan celebrity endorsement (0,162).

 

Keywords: Iklan, Media Sosial, Niat Beli

Diterbitkan

2020-12-18

Cara Mengutip

Alvernia, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Untuk Meningkatkan Niat Beli Konsumen. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 267–287. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.010