Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Untuk Meningkatkan Niat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.020.010Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara faktor-faktor iklan di media sosial (tampilan, repetisi, celebrity endorsement, konten, dan pilihan media) terhadap niat beli konsumen. Dengan mengetahui hal tersebut, penelitian ini dapat memberikan informasi penting bagi tenaga pemasar untuk meningkatkan niat beli konsumen melalui iklan yang ditampilkan melalui media sosial, terutama Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari 327 responden, yang pernah melihat dan merespon iklan kosmetik yang ditampilkan di Instagram. Data dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa H1, H2, H3, H4, dan H5 diterima. Secara parsial, tampilan, repetisi, celebrity endorsement, konten, dan pilihan media dari sebuah iklan di Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Meskipun begitu, tiap faktor memiliki signifikansi yang berbeda. Faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah tampilan (0,287), diikuti dengan pilihan media (0,272), konten (0,246), repetisi (0,213), dan celebrity endorsement (0,162).
Keywords: Iklan, Media Sosial, Niat Beli
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY