Strategi Komunikasi Event Organizer Dalam Menerapkan Brand Activation Perusahaan Di Masa Pandemik

Penulis

  • Aditya Edi Susena Universitas Pembangunan Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.10.1.2022

Abstrak

Artikel ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi event organizer dalam menerapkan brand activation perusahaan . Peneliti  menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian ini ditemukan ada strategi yang dilakukan. Strategi Komunikator, pesan yang disampaikan harus sesuai dengan client. Strategi menetapkan target sasaran,  sasaran khalayak yang dituju harus sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Strategi penyusunan pesan, pesan yang disampaikan bersifat komersial, informatif, persuasive, atau edukatif. Strategi memilih media, media yang digunakan menggunakan virtual event. Strategi efek pengaruh, Efek dari para peserta mempunyai kemampuan yang berbeda beda dari pengetahuan, sikap dan perilaku.

Referensi

Adawiyah, S. El. (2021). Manajemen Event. Bintang Pustaka Madani.
Amin, S. (2011). Brand activation Model. Macro Management System.
Birim, B. (2016). Evaluation of corporate social responsibility and social media as key source of strategic communication. Social and Behavioral Sciences.
Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
Cvent. (2020). Ultimate Guide to Virtual events. E-book.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu,Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Evelina, L. (2009). Event Organizer Pameran. OPAC Pepustakaan IAHN Tampung Penyang Palangka Raya.
Glenn, M. (2010). Event Management : An Asia Perspective. Mc Graw Hill.
Gouzali, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management). Djambatan.
Gunawan Saleh, P. R. (2018). Strategi Membangun Media Daring Melalui Komunikasi Pemasaran Terpadu (Studi Kasus Pada Bertuahpos.com). Jurnal Komunikasi.
Indro “Kimpling” Suseno, K. (2005). Cara Pinter Mengelola Event Organizer. Galangpress.
Joe, G. (2002). Special Events : Twenty-First Century Global Event
Management. John Wiley & Sons.
John W, C. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.
Kusuma, R. C. S. D. (2016). Modul Manajemen Event. Universitas Negeri Yogyakarta.
Megananda, Yudhi, Wijaya, J. A. (2009). 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event-Organizer. BIP.
Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Noor, A. (2009). Management Event. Alfabeta.
Prameswari, A. S. (2019). STRATEGI BRAND ACTIVATION UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI KASUS EVENT DEXTONE GOES TO SCHOOL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 13 JAKARTA UTARA. Ilmu Komunikasi.
Pratiwi, L. A. (2021). STRATEGI PENERAPAN BRAND ACTIVATION PARAS ASRI WEDDING ORGANIZER DI ERA PANDEMI COVID-19. Pendidikan Tata Rias
Webisono, S. M. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI EVENT ORGANIZER MOVEM DALAM MEMPERKENALKAN MEREK LOKAL MELALUI PENYELENGGARAAN EVENT SAMARINDA STREET FEST di KOTA SAMARINDA. Ilmu Komunikasi,
Wijaya, I. S. (2015). PERENCANAAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBANGUNAN. Ilmu Komunikasi.
Yessy Liembawati, Diah Dharmayanti, R. K. M. R. B. (2014). ANALISA PENGARUH BRAND ACTIVATION TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND COMMUNITY PADA PT ISM BOGASARI FLOUR MILLS. Manajemen Pemasaran.
Yogesh K. Dwivedei , Elvira Ismagilova, D. L. H. (2021). SETTING THE FUTURE OF DIGITAL AND
Phyllis Mikolaitis, O. W. (2007). Corporate Event Management. PPM.
Porter E, M. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Kharisma Publishing.
Sembeiring, D. R. (2014). Pengantar Bisnis (L. Sulastri (ed.)). La Goods Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA.
Sukarna. (2011). Dasar – dasar Manajemen. Mandar Maju.
Suryadi. (2006). Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Tugu Publisher.
Suryana. (2006). Kewirausahaan. PT Salemba Empat.
Hayyu, A. (2021). Persaingan Bisnis : Strategi Efektif Bangun Persaingan Bisnis yang Sehat. Jojonomic.Com. https://www.jojonomic.com/blog/persaingan-bisnis/. Diakses pada September 2021.
Pradipta, Y. (2021). Ada Harapan di 2021! Ini Strategi Bisnis EO saat Pandemi. Lokalsupportlokal.Id. https://lokalsupportlokal.id/strategi-bisnis-eo/. Diakses pada September 2021.
Suheriadi. (2020). Begini Strategi Bisnis Event Organizer di Tengah Pandemi. Infobanknews.Com.https://infobanknews.com/begini-strategi-bisnis-event-organizer-di-tengah-pandemi/. Diakses pada Oktober 2021.
Wallace, S. (2012). Brand activation: Bringing Brands to Life! Brandactivation.Ca. http://www.brandactivation.ca/brand-actvationtrade.html. Diakses pada Januari 2021

Diterbitkan

2022-07-11

Cara Mengutip

Edi Susena, A. (2022). Strategi Komunikasi Event Organizer Dalam Menerapkan Brand Activation Perusahaan Di Masa Pandemik. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 114–123. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.10.1.2022