Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy

Penulis

  • Musfiah Saidah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hilda Trianutami uin jakarta
  • Fidya Sukma Amani

DOI:

https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.01

Kata Kunci:

Baduy, difusi inovasi, pembayaran digital

Abstrak

Manusia sebagai bagian dari masyarakat memiliki kemampuan dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial. Munculnya Industri 4.0 mengharuskan penggunaan teknologi secara maksimal. Kini berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk kegiatan ekonomi juga mulai bergeser menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Salah satu kegiatan ekonomi berbasis digital yang kini banyak digunakan oleh masyarakat adalah pembayaran digital (digital payment). Masyarakat Baduy menjadi salah satu masyarakat yang mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut. Namun, perubahan tersebut memerlukan suatu pendekatan khusus mengingat masyarakat Baduy masih sangat kental dengan nilai-nilai adatnya. Beberapa dari mereka mengaku sudah terbiasa dengan sistem pembayaran digital. Penyesuaian ini dilakukan salah satunya sebagai upaya memajukan Baduy sebagai desa wisata. Warga asli Baduy diharuskan melakukan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi sehingga dapat memajukan Baduy. Oleh karena itu, untuk melakukan pergeseran terhadap suatu budaya di masyarakat diperlukan adanya sosialisasi inovasi yang akan ditawarkan. Dalam teori difusi inovasi, baru hanya dapat diterima apabila sesuai dengan karakteristik masyarakat. Penelitian ini ditunjang dengan model kualitatif. Pastikan kualitatif dipilih dengan mempertimbangkan objek penelitian, yaitu masyarakat Baduy. Sebagai hasilnya, para pelaku bisnis mencoba mengembangkan usaha dengan pembayaran digital. Beberapa dari mereka bahkan telah menyediakan sistem pembayaran melalui kode QR. Namun, sebagian besar juga mengaku belum terbiasa dengan sistem pembayaran digital dan tetap mengikuti perdagangan melalui transaksi tradisional.

Referensi

Ahmad, R. (2016). Difusi Inovasi Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Akan Kelestarian Lingkungan. Sosietas.
Aldilla Iradianty, B. R. (2020). Indonesian Student Perception In Digital Payment. Jurnal Manajemen Bisnis.
Annur, A. M. (2013). Difusi Dan Adopsi Inovasi Penanggulangan Kemiskinan (Studi Difusi Dan Adopsi Inovasi Dalam Layanan “Mbela Wong Cilik” Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (Uptpk) Di Kabupaten Sragen). Development Jurnal R&D.
Azizah, N. (2018). Difusi Inovasi Dalam Konteks Peranan Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Swara Ringgit Kelurahan Ledug Guna Meningkatkan Potensi Lokal. Jurnal Heritage.
Azzura Yushara, M. M. (2018). Difusi Inovasi Program Kreativitas Masyarakat Dalam Membangun Kampung Pariwisata Di Gampong Nusa Aceh Besar. Jim (Jurnal Ilmiah Mahasiswa).
B Kurniawan, S. W. (2019). The Influence Of Digital Payments On Public Spending Patterns. Journal Of Physics: Conference Series.
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 . Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita .
I Budiarti, F. H. (2021). Financial Technology As Payment Methods In The Digital Era . Injuratect (International Journal Of Research And Applied Technology ).
Januarti, Y. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan Edutama.
Jefry Tarantang, A. A. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Tarantang.
Jiayin Qi, L. L. (2017). An Extension Of Technology Acceptance Model: Analysis Of The Adoption Of Mobile Data Services In China. System Research And Behavioral Science.
Kartika, D. (2019). Implementasi Difusi Inovasi Pada Kemampuan Media Baru Dalam Membentuk Budaya Populer (Kajian Pada Media Youtube Di Kalangan Remaja) . Ekspresi & Persepsi Jurnal Ilmu Komunikasi.
Khoyatu Rizkiyah, L. N. (2021). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pengguna Platform Digital Payment Ovo). Management Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen.
Mailin Mailin, G. R.-R. (2022). Teori Media/Teori Difusi Inovasi. Jurnal Guru Kita.
Muhammad Najb, F. F. (2020). Investigating The Adoption Of Digital Payment System Through An Extended Technology Acceptance Model: An Insight From The Indonesian Small And Medium Enterprises. International Journal On Advanced Science, Engineering And Information Technology.
Nasution, M. L. (2019). Digital Payment: Probability In Millenial (Case Study Of Uinsu Febi Students). Journal Of Humanities And Social Studies.
Niroskha. (2020). Difusi Inovasi Dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Madaniyah.
Pandey, S. K. (2022). A Study On Digital Payments System & Consumer Perception: An Empirical Survey. . Journal Of Positive School Psychology .
Rusmiati, D. A. (2015). Analisis Difusi Inovasi Dan Pengembangan Budaya Kerja Pada. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi.
Sahyaselvi, S. (2017). An Overview On Digital Payments. International Journal Of Research.
Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Di Era Disrupsi 4.0. Bussines & Economic.
Siti Fathonah, S. A. (2018). Difusi Inovasi Teknologi Tepat Guna Di Kalangan Wanita Pengusaha Di Desa Kasongan Yogyakarta. Jik (Jurnal Ilmu Komunikasi).
Wahyudi, S. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka . Jurnal Valuta.
Zid, M. (2017). Interaksi Dan Perubahan Sosial Masyarakat Baduy Di Era Modern. Jurnal Spatial.

Diterbitkan

2022-12-23

Cara Mengutip

Saidah, M., Trianutami, H., & Amani, F. S. (2022). Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.01