PEMODELAN DAN SIMULASI KENDARAAN HIBRID SERIPARALEL DENGAN CUSTOMIZED MATLAB/SIMULINK

Authors

  • Indra Chandra S Universitas Pancasila
  • Prowoto Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.21009/JKEM.4.1.1

Keywords:

Hibrid, Matlab/Simulink, Siklus Uji, Zona Operasi

Abstract

Kendaraan hibrid merupakan salah satu jawaban dari Industri Otomotif terhadap tingginya tuntutan untuk menurunkan emisi gas buang dan penghematan pemakaian energi fosil. Dalam Penelitian ini, dirancang sebuah pemodelan kendaraan hibrid dengan konfigurasi seri-paralel dengan perangkat lunak Matlab/Simulink. Untuk memodelkan sebuah kendaraan hibrid dan menganalisis kemampuan dari sebuah konfigurasi kendaraan hibrid, maka model tersebut harus mencakup kelima aspek pemodelan, meliputi dinamika kendaraan, sistem mesin dan transmisi, sistem kelistrikan, sistem kontrol dan siklus uji (drive cycle). Kemampuan sebuah kendaraan hibrid dalam hal penghematan bahan bakar sangat ditentukan oleh sistem kontrol dan sistem kelistrikan yang dipilih, hal ini disebabkan pada konfigurasi ini penyuplai tenaga utama tetap pada mesin pembakaran dalam, sehingga sangat penting untuk dapat menjaga mesin beroperasi pada zona operasi yang memiliki efisiensi tinggi (high-efficiency zone) pada keseluruhan kondisi operasi.

 

References

1) Alliance for Telecommunications Industry Solutions, Hybrid (2006-05-02), http://www.atis.org/tg2k/_hybrid.html.
2) Alaküla, Mats, professor at the department of Industrial Electronics and Automation at Lund University of Technology

3) Jonasson, Karin, Control of Hybrid Electric Vehicles with Diesel Engines(2006- 06-12)
4) European Community under the 5th Framework Program - Investigation on Storage Technologies for Intermittent Renewable Energy Evaluation and Recommended R&D Strategy – (2003, updated 2005)
5) Ming Qian, “Sliding Mode Controller Design for ABS System”, Master Thesis, Poly Technic Institute and State University
6) J.Y. Wong, “Theory of Ground Vehicles”, Third edition, United States of America, John Wiley & Sons. Inc., 2001
7) Gao, D.W.;Mi, C.;Emadi, A., “Modeling and Simulation of Electric Hybrid Vehicles”, Proceedings of the IEEE, Vol.95, issue 4, p.p. 729-745, April 2007
8) Grewe, T., Conlon, B., and Holmes, A., “Defining the General Motors 2-Mode Hybrid Transmission,” SAE paper no. 2007- 01-0273, 2007
9) Ahn, K., Cho, S., Cha, S., “Optimal Operation of the Power-split Hybrid Electric Vehicle Powertrain,” Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers Part D: Journal of Automobile Engineering, 225(5), pp. 789-800, 2008.

Downloads

Published

2017-04-27

How to Cite

[1]
I. C. S and Prowoto, “PEMODELAN DAN SIMULASI KENDARAAN HIBRID SERIPARALEL DENGAN CUSTOMIZED MATLAB/SIMULINK”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 4, no. 1, pp. 1–5, Apr. 2017.

Issue

Section

Articles