STUDI EKSPERIMENTAL KINERJA MESIN KOMPRESI UDARA SATU LANGKAH DENGAN VARIASI SUDUT PEMBUKAAN SELENOID

Authors

  • Darwin Rio Budi syaka Universitas Negeri Jakarta
  • Furqon Bastian Universitas Negeri Jakarta
  • Akhmad Kholil Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JKEM.3.2.1

Keywords:

Mesin Kompresi Udara, Katup Selenoid, Sudut Derajat, Daya, Torsi

Abstract

Tingkat pencemaran udara khususnya di Jakarta menjadi permasalahan yang cukup serius pada saat ini. Pencemaran ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan jumlah penggunaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi berbahan bakar minyak selama ini berdampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu kendaraan yang menghasilkan polusi udara terbesar adalah mesin motor bakar 2 langkah. Hal ini terjadi karena pembakaran oli samping dan gas ikut terbuang langsung melalui saluran pembuangan (exhaust) pada saat langkah pembilasan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mengubah mesin motor bakar 2 langkah menjadi mesin dengan sumber penggerak udara bertekanan tanpa adanya proses pembakaran. Penelitian ini akan memodifikasi mesin motor bakar 2 langkah dengan pembakaran internal 110 cm3 menjadi mesin yang menggunakan tenaga tekanan udara. Dengan udara bertekanan sebagai energi utama, maka pada mesin ini tidak terjadi proses pembakaran dalam pada mesin, sehingga mesin ini tidak menimbulkan emisi gas buang. Untuk menghasilkan performa mesin yang baik digunakan 2 buah solenoid sebagai katup masuk udara bertekanan ke dalam mesin, sebuah solenoid digunakan untuk menekan piston bergerak ke bawah sedangkan buah solenoid yang lain digunakan untuk menekan piston bergerak ke atas. Solenoid tersebut akan bekerja menggunakan sensor infrared yang dipasang pada bagian poros di magnet generator. Variasi yang dilakukan pada Pengujian mesin kompresi udara adalah pada sudut bukaan katup solenoid 3o dan 5o sebelum titik mati atas (TMA). Data-data yang diukur berupa tekanan udara masuk dari 3 bar – 8 bar, tachometer untuk putaran yang dihasilkan dan Prony breake untuk mendapatkan output torsi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa sudut pembukaan katup selenoid mempengaruhi daya yang dihasilkan, adapun daya puncak adalah 2,10 kW dengan putaran mesin 1321 rpm pada tekanan 8 bar terjadi pada bukaan katup selenoid 5o TMA.

References

Siti Ruqoyah, jumlah kendaraan di Jakarta capai 16 juta unit, di akses dari http://metro.news.viva.co.id, pada tanggal 9 Februari 2014, pukul 14.00

Nyoto Santoso, udara Jakarta dengan racunnya, di akses dari http://autos.okezone.com, pada tanggal 9 Februari 2014, pukul 15.00

Prabowo, Mobil listrik lemah dibaterai, diakses dari http://news.okezone.com, pada tanggal 20 februari 2014, pukul 15.00.
Ireng Sigit, Dampak pemakaian turbocharger pada komponen penghasil tenaga, TRAKSI, Vol. 1, 2003.
Chih-Yuang Huang dkk, Eksperimental Investigation on the Performance of a Compressed-air Driven Piston Engine, Energies, 2013, h. 1731

Downloads

Published

2016-04-29

How to Cite

[1]
D. R. Budi syaka, F. Bastian, and A. Kholil, “STUDI EKSPERIMENTAL KINERJA MESIN KOMPRESI UDARA SATU LANGKAH DENGAN VARIASI SUDUT PEMBUKAAN SELENOID”, J. Konversi Energi dan Manufaktur, vol. 3, no. 2, pp. 52–58, Apr. 2016.

Issue

Section

Articles