IMPLEMENTATION OF THE BLENDED LEARNING MODEL IN SOIL MECHANICS PRACTICE COURSES IN BUILDING ENGINEERING EDUCATION STUDY PROGRAM STATE UNIVERSITY OF JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v12i1.29464Kata Kunci:
Implementation, Blended learning, Soil Mechanics PracticeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang implementasi blended learning pada mata kuliah Praktek Mekanika Tanah di program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Pelaksanaan blended learning terbagi menjadi pembelajaran daring dan luring dimana pembelajaran daring dilakukan melalui Google Classroom dan Zoom serta pembelajaran luring dilakukan di Laboratorium Mekanika Tanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Responden berjumlah 76 mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan yang mengikuti mata kuliah Praktek Mekanika Tanah di Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi blended learning mendapatkan banyak tanggapan positif dari mahasiswa yang menyatakan bahwa pembelajaran menjadi menyenangkan dan meningkatkan kreativitas, keaktifan, pemahaman materi dan keterampilan praktik mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi blended learning untuk mata kuliah Praktek Mekanika Teknik berdampak positif dimana dosen dan mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, baik secara daring maupun tatap muka.
Referensi
Ana, N. Y. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2). https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.
Bamoallem, B., & Altarteer, S. (2022). Remote emergency learning during COVID-19 and its impact on university students perception of blended learning in KSA. Education and Information Technologies, 27(1). https://doi.org/10.1007/s10639-021-10660-7
Batac, K. I. T., Baquiran, J. A., & Agaton, C. B. (2021). Qualitative content analysis of teachers’ perceptions and experiences in using blended learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(6). https://doi.org/10.26803/IJLTER.20.6.12
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas model blended learning terhadap motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa mata kuliah algoritma dan pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6074
Bordoloi, R., Das, P., & Das, K. (2021). Perception towards online/blended learning at the time of Covid-19 pandemic: an academic analytics in the Indian context. Asian Association of Open Universities Journal, 16(1), 41–60. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-09-2020-0079
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1). https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Dirgantoro, K. P. S., & Soesanto, R. H. (2021). EFEKTIVITAS PENGAJARAN MIKRO BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5088
Ekayati, R. (2018). Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo. Jurnal EduTech Vol., 4(2), 50–56.
Fadhilatunisa, D., Miftach, M., Universitas, F., & Makassar, N. (2020). Pengaruh Blended Learning Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2).
Finlay, M. J., Tinnion, D. J., & Simpson, T. (2022). A virtual versus blended learning approach to higher education during the COVID-19 pandemic: The experiences of a sport and exercise science student cohort. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 30. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100363
Frida Hanum Marbun, Nehru, A. S. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Matakuliah Elektronika Dasar. Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terstrukur Pada Matakuliah Elektronika Dasar 1, 02(02).
Fuentes-Pumarola, C., Ballester-Ferrando, D., Gelabert-Vilella, S., Bosch-Farré, C., Malagón-Aguilera, M. C., Rascón-Hernán, C., Bonmatí-Tomàs, A., & Fernandez-Peña, R. (2016). Nursing student and professor perceptions and assessments of the achievement of practicum competencies: A mixed method approach. Nurse Education Today, 45. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.08.013
Gamal Thabroni. (2020). Model Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Jenis & Macam Contoh. In 01-September-2020.
Hapsari, G. I., Mutiara, G. A., & Handayani, R. (2015). Perancangan dan Implementasi Modul Praktikum. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 7(1). https://doi.org/10.20895/infotel.v7i1.26
Hima, L. R. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. JIPMat, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479
Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends, 63(5). https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5
Idiajir, K., Daryati, & Saleh, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Modul pada Mata Kuliah Praktik Mekanika Tanah. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 10(2).
Ilmi, A., Iriani, T., & Neolaka, A. (2012). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN DAN BIAYA (RAB) SISWA SMKN 35 JAKARTA. Jurnal PenSil, 1(2). https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i2.9818
Istiqomah, N., & Anggun, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Matematika di Era Generasi Alpha. Prosiding Sendika, 5(1), 595–600.
Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., & Savalas, L. R. T. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Masuk Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM Melalui Pengenalan Praktikum Kimia Sederhana di SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.14
Kartika, D., & Damayanti, E. (2018). 2013 Curriculum Implementation In Geography Subjects At The State High School 4 Watampone. LaGeografia, 17(1), 30–44.
Liu, A. N. A. M., & Ilyas, I. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 6(1). https://doi.org/10.25273/jpfk.v6i1.7303
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D., A., & Apsarini, S., F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIII SDN Sindangsari III. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633
Nuryani, N. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.22487/ghidza.v3i2.19
Qotrunnada, A., & Khasanah, N. (2021). Blended Learning: Solusi Model Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Elementary Education, 1(1).
Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended Learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014
Ratnawati, D., & Vivianti, V. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIK APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2). https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.34835
Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820.
Ridwan. (2017). PEMBELAJARAN SENI MUSIK TEMATIK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. RITME, 2(2), 18–28. https://doi.org/10.17509/md.v12i2.7685
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen.
Sari, K. R., Hasnah, H., & Budiman, C. (2020). Pendapatan Usahatani Kelapa Sawit Petani Plasma dan Petani Swadaya di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 2(2). https://doi.org/10.23960/jsp.vol2.no2.2020.68
Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16). https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633
Surahman; Rachmat, M.; Supardi, S. (2016). METODOLOGI PENELITIAN. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Syamsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 403–413. https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882
Tamzysi, C., & Kristiyani, L. (2020). Implementasi Metode Blended Learning Pada Mata Kuliah Teknik Lingkungan Melalui Integrasi Kuliah Tatap Muka Dan Praktikum Pengolahan Limbah Plastik Dengan Metode Pirolisis Di Lingkungan FTI-UII. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(1).
Titin, S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didkatika Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 1–18.
Untari, A. D., & Millatussa’adiyyah, A. (2020). Implementation of Blended Learning Through Google Classroom in Generation Z. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.039
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.
Widodo, A., Maria, R. A., & Fitriani, A. (2016). Peranan praktikum riil dan praktikum virtual dalam membangun kreatifitas siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1).
Wulandari, E., & Daryati, D. (2019).