Pengembangan Buku Ajar Cetak Pada Subtema Ayahku untuk Peserta Didik Kelas 2 Tunagrahita SLB Negeri 3 Jakarta

Authors

  • Yumna Novi Alifah Universitas Negri Jakarta
  • Robinson Situmorang Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Jakarta
  • Suprayekti Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.061.08

Keywords:

Development, Printed Textbooks, Rowntree Model, Intellectual Disability, Extraordinary School

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa Buku Ajar Subtema Ayahku untuk Peserta Didik Kelas 2 Tunagrahita SLB Negeri 3 Jakarta. Pengembangan buku ajar cetak ini mengacu pada model pengembangan produk yaitu Model Rowntree. Model ini membagi tahapan pengembangan dalam tiga tahapan, tahap perencanaan, tahapan persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk mengembangkan produk yang sesuai untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan expert review yang dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 ahli Tunagrahita dan one to one evaluation dengan peserta didik kelas 2 Tunagrahita SLB Negeri 3 Jakarta dengan jumlah 3 orang. Penilaian review bertujuan untuk memperbaiki buku ajar cetak yang telah dikembangkan agar kualitas buku ajar lebih baik lagi. Hasil expert review menunjukkan diperlukannya sedikit perbaikan dari segi desain dan isi materi, sedangkan dari one to one evaluation peserta didik menilai bahwa buku ajar cetak sudah bagus dan akan senang jika digunakan untuk proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku ajar cetak sudah layak dijadikan sumber belajar untuk memfasilitasi peserta didik kelas 2 Tunagrahita di SLB Negeri 3 Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Novi Alifah, Y., Situmorang, R., & Suprayekti. (2023). Pengembangan Buku Ajar Cetak Pada Subtema Ayahku untuk Peserta Didik Kelas 2 Tunagrahita SLB Negeri 3 Jakarta . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 6(1), 56–63. https://doi.org/10.21009/JPI.061.08

Most read articles by the same author(s)