Pengembangan Strategi Pembelajaran Menyenangkan “Permainan Bisik Berantai” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas II di SD Mardi Yuana
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.032.03Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran
menyenangkan “permainan bisik berantai” untuk materi animals kelas II SD yang
didalamnya terdapat komponen strategi pembelajaran yaitu urutan kegiatan
pembelajaran, metode, media, evaluasi, dan waktu. Penelitian pengembangan ini
dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan ADDIE, terdiri dari lima
tahap yaitu (1) Analysis: melakukan analisis tujuan pembelajaran dan karakteristik
peserta didik, (2) Design: merencanakan dan merancang komponen-komponen
strategi pembelajaran, (3) Development: mengembangkan strategi pembelajaran yang
menyenangkan “permainan bisik berantai” dengan slide powerpoint untuk mata
pelajaran Bahasa Inggris, (4) Implementation: melakukan ujicoba kepada para ahli, (5)
Evaluation: mengevaluasi hasil pengembangan produk kepada Guru Bahasa Inggris
Sekolah Dasar untuk mengetahui tingkat kelayakan strategi pembelajaran tersebut.
Penelitian pengembangan ini telah melalui pengimplementasian yang dilakukan oleh
para ahli (expert review) dan evaluasi yang mengambil responden yaitu Guru Bahasa
Inggris Sekolah Dasar Mardi Yuana. Dari hasil implementasi yang diujicobakan kepada
para ahli diperoleh nilai untuk materi sebesar 77% (Baik), desain pembelajaran 72%
(Baik), dan media sebesar 2,68 (Baik). Sedangkan hasil dari evaluasi ujicoba one to one
diperoleh hasil yaitu setiap komponen yang dikembangkan sudah sesuai dan mudah
untuk dipahami. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa strategi
pembelajaran dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).