Pengembangan Strategi Pembelajaran Menyenangkan “Permainan Bisik Berantai” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas II di SD Mardi Yuana

Authors

  • Mariliana Berlian Universitas Negeri Jakarta
  • Suprayekti
  • Retno Widyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPI.032.03

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran
menyenangkan “permainan bisik berantai” untuk materi animals kelas II SD yang
didalamnya terdapat komponen strategi pembelajaran yaitu urutan kegiatan
pembelajaran, metode, media, evaluasi, dan waktu. Penelitian pengembangan ini
dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan ADDIE, terdiri dari lima
tahap yaitu (1) Analysis: melakukan analisis tujuan pembelajaran dan karakteristik
peserta didik, (2) Design: merencanakan dan merancang komponen-komponen
strategi pembelajaran, (3) Development: mengembangkan strategi pembelajaran yang
menyenangkan “permainan bisik berantai” dengan slide powerpoint untuk mata
pelajaran Bahasa Inggris, (4) Implementation: melakukan ujicoba kepada para ahli, (5)
Evaluation: mengevaluasi hasil pengembangan produk kepada Guru Bahasa Inggris
Sekolah Dasar untuk mengetahui tingkat kelayakan strategi pembelajaran tersebut.
Penelitian pengembangan ini telah melalui pengimplementasian yang dilakukan oleh
para ahli (expert review) dan evaluasi yang mengambil responden yaitu Guru Bahasa
Inggris Sekolah Dasar Mardi Yuana. Dari hasil implementasi yang diujicobakan kepada
para ahli diperoleh nilai untuk materi sebesar 77% (Baik), desain pembelajaran 72%
(Baik), dan media sebesar 2,68 (Baik). Sedangkan hasil dari evaluasi ujicoba one to one
diperoleh hasil yaitu setiap komponen yang dikembangkan sudah sesuai dan mudah
untuk dipahami. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa strategi
pembelajaran dapat digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

Mariliana Berlian, Suprayekti, & Retno Widyaningrum. (2020). Pengembangan Strategi Pembelajaran Menyenangkan “Permainan Bisik Berantai” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas II di SD Mardi Yuana. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 97–103. https://doi.org/10.21009/JPI.032.03

Most read articles by the same author(s)