PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHDAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPI.031.06Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan ePenelitian ini bertujuan apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Project Based
Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Semper Barat 07. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain One Grup Pretest-Posttest
Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Semper Barat 07 pada bulan November 2019 –
Januari 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Sampel penelitian
sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik analisis data
menggunakan Uji-t dengan rumus Paired T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 karena data data
penelitian telah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitasvarian.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran Project Based Learning
memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Tematik. Berdasarkan perhitungan
menggunakan Uji-t terdapat hasil nilai Thitung>Ttabel pada taraf signidikasi α=0,05 yaitu
3,878>0,374, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan model
pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Tematik memiliki pengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa dan juga membantu siswa untuk terlibat aktif dalam, bertanggung
jawab dan bekerjasama serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan
bermakna.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).