EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCHOOLOGY DAN ZOOM CLOUD MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH DEKORASI & PENATAAN (AMERICAN SERVICE)
DOI:
https://doi.org/10.21009/jppv1i2.05Keywords:
Media Pembelajaran, Schoology, ZoomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media Schoology dan Zoom Cloud Meeting terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah Dekorasi dan Penataan (American Service). Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga angkatan 2020 yang terdiri 93 mahasiswa. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan kesejahteraan keluarga angkatan 2020 yang dipilih dua kelas masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Experiment dengan desain penelitian Pretest dan Pos test Control Group Design. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu pretest dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikan 0,05 maka dtabel= 0,242. Hasil penelitian dengan uji t dan N-Gain, pertama terdapat pengaruh dari media Zoom Cloud Meeting dan Schoology terhadap hasil belajar mahasiswa. Nilai sig pada kelas eksperimen menunjukkan thitungttabel (9>1,679) maka H0 ditolak dan Hi diterima. Pada taraf signifikansi = 0,05 pada dk= (n1+n2)-2= 60-2= 58 pada dua pihak, diperoleh nilai ttabel= 1,671 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil sehingga menunjukkan bahwa Schoology lebih efektif dibandingkan dengan Zoom Cloud Meeting. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Schoology dapat diterapkan pada mata kuliah praktikum yang ada di Program Studi Pendidikaan Kesejahteraan Keluarga.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Schoology, Zoom