PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENANGANAN RESERVASI HOTEL BERBASIS VIDEO MOTION GRAPHIC DI SMK AKOMODASI PERHOTELAN

  • Shofa Fithriturrohmi Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Media, Reservasi Hotel, Video Motion Graphic, SMK Akomodasi Perhotelan

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya tuntutan pembelajaran pada mata pelajaran reservasi membuat peserta didik sulit untuk memahami materi jika hanya mengandalkan buku teks sebagai sumber belajar. Buku teks tidak dapat menunjukan tahapan praktik reservasi secara langsung. Sementara, peserta didik SMK dituntut untuk memahami praktik reservasi secara langsung. Untuk itu diperlukan media pembelajaran yang sejatinya dapat mengatasi keterbatasan dan memberikan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Didukung dengan pesatnya perkembangan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar berbasiskan teknologi di SMK, pada penelitian ini memberikan pembaharuan pada media pembelajajaran berupa video animasi yang disebut dengan video motion graphic. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran penanganan reservasi hotel berbasis video motion graphic di SMK akomodasi Perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model planning, production, and evaluation (PPE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan expert judgement oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil temuan penelitian yang diperoleh dari hasil expert judgement menunjukkan bahwa media pembelajaran penanganan reservasi hotel berbasis video motion graphic berada pada kriteria sangat layak, baik dari segi materi maupun media, sehingga dapat digunakan oleh guru untuk kegiatan belajar mengajar

Published
2021-11-30