STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • MUHAMAD HAMDI EMA YULIANI
  • Siti Istiningsih

DOI:

https://doi.org/10.21009/jppv2i1.04

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menganalsis dan merefleksikan strategi kepepmimpinan Kepala Sekolah SMKN 1 (State Of Vocational Senior High School)  Mataram pada peningkatan mutu penidikan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match). Hasil yang dicapai adalah tersusunnya startegi kepemimpinan kepala sekolah  pada peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan demikian pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisis dokumen, wawancara, dan melalui pengisian angket. Sejalan dengan proses pelaksanaannya, penelitian ini dapat dikembangkan untuk meningktakan mutu pembelajaran jenjang sekolah kejuruan. Secara akademis hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan/pedoman untuk pengembangan pengelolaan pendidikan kejuruan secara holistik.  

Pengembangan sekolah menjadi organusasi layanan pendidikan yang memiliki tradisi  mutu yang terus menerus. Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dan pemimpin organisasi perlu mengembangkakan budaya mutu  agar sekolah dapat menjadi salah satu peningkatan. Temuan penelitian adalah meliputi  tentang strategi kepemimpinan kepala sekolah  pada peningkatan mutu pendidikan di SMKN 1 Mataram meliputi; 1) artikulasi visi dan misi SMKN 1 Mataram, 2) nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah SMKN 1 Mataram, 3)  penghargaan di  SMKN 1 Mataram , 4) hubungan sosial dan emosional di SMKN 1 Mataram,   dan  5) Peningkatan mutu pendidikan Link and Match di sekolah meliputi; a) mutu layanan sekolah, b) mutu guru dan staf, c) peningkatan pembelajaran yang relevan.

Downloads

Published

2022-06-01