Kreasi Pembuatan Nugget Dengan Bahan Tambahan Kacang Merah Sebagai Alternatif Makanan Sehat

  • Surayyal Hizmi Lombok Tourism Polytechnic
  • Nadila KD Yusticia
  • Hamsu Hanafi
Keywords: nugget, kacang merah, resep standar

Abstract

Tujuan penelitian: untuk mengetahui rasio penambahan dari kacang merah yang cocok dalam pembuatan nugget sehingga diperoleh resep yang sesuai dengan standar pembuatan nugget ditinjau dari segi tekstur, aroma, warna, dan rasa

Metode penelitian: penelitian ini bersifat eksperimental dengan melakukan 3 jenis percobaan resep yang dibedakan oleh rasio penambahan daging ayam dan kacang merah dalam pembuatan nugget. Ketiga rasio perbandingan daging ayam dan kacang adalah 1:3 (Resep I), 1:1 (Resep II), dan 3:1 (Resep III). Kemudian hasil dari masing-masing resep diamati dan ditentukan kecocokannya dengan karakteristik nugget oleh para ahli ditinjau dari segi tekstur, aroma, warna dan rasa.

Hasil dan pembahasan: Berdasarkan dari hasil pengamatan dan penilaain dari ahli diperoleh bahwa hasil olahan pada nugger Resep II, memenuhi kriteria dan layak untuk dijadikan sebagai acuan resep. Dimana nugget yang dihasilkan berwarna merah kecoklatan, dengan tekstur yang padat (sesuai), aroma yang tidak menyengat seperti bau amis ayam atau bau dominan kacang merah dan rasa yang seimbang.

Aplikasi: Dengan adanya hasil yang diperoleh ini, dapat menjadi dasar untuk pengembangannya menjadi resep acuan dan bahkan produk yang layak dipasarkan dengan pengujian dan ketentuan kandungan gizi yang seimbang.

Published
2022-06-01