STRATEGI PEMASARAN PAKET WISATA ALAM AIR TERJUN BENANG KELAMBU PT. LIRIK LOMBOK TOURS DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Baiqoh Roh Helmi Oktaria Lombok Tourism Polytechnic
  • Surayyal Hizmi
  • Ainul Yakin
Keywords: bauran pemasaran, paket wisata alam, agen perjalanan

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Startegi  Pemasaran  Paket Wisata khuasnya Paket Wisata Benang Kelambu PT. Lirik Lombok Tours di masa pandemi Covid-19 menggunakan bauran pemasaran 7P, dari ketujuh bauran pemasaran  tersebut  peneliti  memfokuskan  empat  bauran  pemasaran  saja yaitu Produk, Harga, Tempat (Place) & Promosi (Promotion).

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan melihat faktor bauran pemasaran. Keempat bauran pemasaran tersebut kemudian dihubungkan dengan aspek atraksi, amenitas, aksesibilitas dan aktivitas yang tersedia pada Air Terjun Benang Kelambu.

Hasil dan pembahasan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran Paket Wisata Alam Air Terjun Benang Kelambu PT. Lirik Lombok Tours di masa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh besar terhadap pendapatan agen perjalanan maupun destinasi wisata. Ditinjau dari teori bauran pemasaran produk yang berkaitan dengan unsur Atraksi, Aktivitas, Amenitas, Aksesibilitas & Akomodasi terdapat beberapa kendala pada bagian amenitas atau fasilitas pendukung lain yang masih sangat kurang yang mempengaruhi pemasaran paket wisata tersebut.

Aplikasi: Travel agent perlu mengkonfirmasi ketersediaan fasilitas pendukung pada destinasi wisata yang dipasarkan sehingga tidak merdampak pada kurangnya minat wisatawan berkunjung.

Published
2022-06-01