IMPLEMENTASI PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS VE.RUBRIC PADA KOMPETENSI MAKING BED DI SMK AKOMODASI PERHOTELAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/jppv2i2.06Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian hasil peserta didik dalam praktik making bed dan mengetahui respon guru mata pelajaran making bed sebagai pengguna aplikasi VE.Rubric. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif untuk mengimplementasikan alat penilaian berbasis VE.Rubric pada praktik making bed. Data yang diperoleh didukung oleh hasil dari observasi langsung dalam penilaian praktik di SMK Akomodasi Perhotelan dan dari angket yang diberikan kepada guru mata pelajaran making bed dalam menggunakan aplikasi VE.Rubric. Hasil capaian peserta didik selanjutnya diuji reliabilitasnya menggunakan aplikasi SPSS dengan metode Cronbach Alpha. Berdasarkan dari hasil implementasi ditemukan bahwa seluruh peserta didik kompeten dalam melaksanakan praktik making bed menggunakan alat penilaian yang dikembangkan oleh peneliti sebelumnya dan aplikasi VE.Rubric memberikan kemudahan pada guru dalam manajemen penilaian peserta didik. Hasil uji reliabilitas capaian peserta didik dinilai reliabel karena berada di atas batas minimal realibilitas dengan nilai 0,747.