DESAIN STRATEGIS ANTISIPASI PERATURAN PEMERINTAH DALAM PENYELENGGARAAN PERGURUAN TINGGI PARIWISATA DI BAWAH KEMENPAREKRAF

  • Surayyal Hizmi Lombok Tourism Polytechnic
  • Herry Rachmat Widjaja
  • Farid Said
  • Jujuk Ferdianto
  • Rizda Batubara
Keywords: PTKL, Participatory Action Research (PAR), Kemenparekraf

Abstract

Tujuan penelitian: Keberadaan dari Perguruan Tinggi Kementerian Lain (PTKL) menjadi salah satu permasalahan yang marak dibicarakan dikarenakan temuan dari kajian KPK terhadap penyelenggaraan pendidikan termasuk pada PTKL di bawah Kemenparekraf. Oleh karenanya pelu adanya desain strategis dalam mengantisipasi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan Perguruan Tinggi Pariwisata di bawah Kemenparekraf.

Metode penelitian: Penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Dimana sumber data primer berasal dari hasil FGD dari beberapa PTKL di Indonesia.

Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian ini merujuk pada desain strategis yang melibatkan dua aspek utama yaitu pada kelompok PTKL yang harus selaras dengan kebutuhan pada kelompok kedua yakni yang industri, pemerintah serta instansi terkait di bidang pariwisata

Aplikasi: Implementasi model yang disusun dapat diterapkan dalam memperoleh manfaat maksimal dalam mengembangkan SDM yang kompeten. Oleh karenanya, kerjasama antar PTKL dan Kemendikbud Ristek perlu dilakukan serta langkah-langkah yang diambil oleh PTKL di bawah Kemenparekraf Bersama kemendikbud Ristek adalah melakukan penataan dan evaluasi tentang pengelolaan keuangan sesuai rekomendasi KPK.

Published
2022-12-27