PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SELLING AND PROMOTION PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 15 BANDUNG

Authors

  • Raya Meliman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/jppv4i1.02

Keywords:

Pengaruh, Video Pembelajaran, Peserta Didik, Akomodasi Perhotelan

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam penguasaan materi pembelajaran menjadi indikator tercapainya hasil belajar yang optimal. Penggunaan media pembelajaran yang menarik serta inovatif dirasa sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan kognitif selling and promotion pada peserta didik SMK Negeri 15 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan rancangan non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI PH-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PH-2 sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen diberikan kepada kelas XI PH-1 yang kemudian di uji validitas, reliabilitas, uji kesukaran, dan uji daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji N-gain Score, uji Wilcoxon, dan uji Koefisien Determinasi. Hasil olah dan uji data penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif selling and promotion pada kelas eksperimen sebesar 0,646 berada pada kategori “sedang” dan kelas kontrol sebesar 0,530 berada pada kategori “sedang”. Uji Wilcoxon menunjukan nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti video pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif selling and promotion. Berdasarkan uji koefisien determinasi video pembelajaran memiliki pengaruh sebesar 57,6% dan berada pada kategori “sedang”.

Downloads

Published

2024-05-30