PENGEMBANGAN AKTIVITAS WISATA EDUKASI BAHARI DI PULAU PARI

  • Nur Kholifah Universitas Negeri Jakarta
  • Yusherly Shintia Angraini
  • Rahmat Darmawan

Abstract

Pulau Pari merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta. Destinasi tersebut memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata berbasis edukasi. Dari potensi yang ada perlu dikembangkan menjadi aktivitas edukasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan potensi alam dan budaya yang ada di Pulau Pari menjadi produk wisata edukasi bahari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan analisis kualitatif untuk mengembangkan daya tarik wisata yang ada menjadi aktivitas wisata edukasi bahari. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Pulau Pari memiliki potensi alam dan budaya yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata, kemudian daya tarik tersebut dikemas menjadi aktivitas wisata berbasis edukasi bahari. Adapun aktivitas wisata bahari yang dapat dikembangkan berbasis pada alam dan budaya yaitu edukasi budidaya ikan kerapu, bird watching, edukasi green house, transplantasi karang (penanaman karang), penanaman mangrove, edukasi ekonomi kreatif masyarakat Pulau Pari. Pengembangan pariwisata Pulau Pari berbasis pada edukasi bahari melibatkan partisipasi aktif masyarakat, peningkatan fasilitas pendukung, dan penerapan regulasi yang ketat guna menciptakan pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) yang berkelanjutan (sustainable tourism). Pengembangan wisata edukasi bahari ini memiliki dampak terhadap kelestarian lingkungan, peningkatan daya tarik wisata, meningkatkan minat kunjungan wisatawan serta ekonomi masyarakat.

Kata Kunci : Pengembangan. Wisata, Edukasi, Wisata Bahari

Published
2024-05-30