PERANCANGAN MODEL PENDIDIKAN TENTANG PEMBENTUKAN KESUKAAN ANAK TERHADAP MAKANAN BERGIZI SEIMBANG PADA IBU BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPTV.1.1.1Keywords:
model pendidikan masyarakat, terapi gizi, penyakit dengan prevalensi tinggi, teknologi informasAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangan model pendidikan masyarakat berupa media digital web site yang sesuai dengan konsep berbasis teknologi informasi. Penelitian pembuatan ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Universitas Negeri Jakarta dengan mitra Klinik Husada Serpong Jl. Boulevard Gading Serpong BA 3 No. 21 Tangerang. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mengembangkan model pendidikan masyarakat berbasis teknologi informasi berupa web site tentang terapi gizi berbagai penyakit yakni hipertensi, diabetes mellitus, obesites, jantung koroner, dan kanker dalam bentuk artikel dan program pakar. Pada penelitian kali ini metodologi pengembangan yang akan digunakan adalah metodologi pengembangan Agile dengan XP (Extreme Programming) yang disesuaikan untuk pengembangan situs web. Penilaian ahli media, hasil nilai rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah sangat baik yaitu dengan poin nilai 4,28. Uji pada ahli materi hasil nilai rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah baik yaitu dengan poin nilai 3,93. Uji coba perorangan (one to one) hasil nilai rata rata keseluruhan yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan poin nilai 4,23. Hasil nilai rata rata keseluruhan pada uji coba terbatas (small grup) yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan poin nilai 4,19. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pengembangan Media Gizi Berbasis Jejaring Sosial Untuk Remaja Dengan Orang Tua Penderita Diabetes Melitus memiliki kualitas baik. Pada tahap ujiĀ lapangan, media pembelajaran ini diujicobakan kepada tiga puluh orang mahasiswa Tata Goga-IKK-FT-UNJ secara bersamaan. Hasil nilai rata rata keseluruhan uji lapangan media pembelajaran yang dicapai adalah sangat baik, yaitu dengan nilai keseluruhan kualitas media adalah 1930 dengan nilai rata-rata 4,29. Hal ini menunjukkan bahwa model pendidikan berbasis teknologi informasi melalui terapi gizi dengan memanfaatkan penggunaan web site berupa media dalam bentuk artikel dan program pakar memiliki kualitas sangat baik.