MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.21009/JPTV.6.1.40Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang ada di SMK Jakarta 1. Berdasarkan pengamatan awal menunjukan adanya masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teori mesin bubut. Salah satu penyebabnya yaitu metode yang digunakan pendidik dalam menyampaikan informasi dan materi tidak sesuai yang dikarenakan hanya memakai metode ceramah (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode eksperimen (one group pretest-posttest design) dengan pendeketan kuantitatif yang terdiri dari populasi berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pre test 40 dan post test 84. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan hasil t-hitung sebesar 21,36 dan t-tabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,708, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian H0 ditolak yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil beelajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Teori Mesin Bubut.