KARAKTER ANAK USIA DINI YANG TINGGAL DI DAERAH PESISIR PANTAI

  • AMANAH RAHMA NINGTYAS Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Abstract

The objectve of this research is to describe a  form of early childhood characters who live in coastal areas in the kindergarten Dharma Wanita Jolosutro. The teacher's role in overcome the negative character and give stimulate a positive character in the learning activities, as well as the role of parents and the community. It was  a qualitative case study on group A of kindergarten Dharma Wanita Jolosutro in 2014. Qualitative analysis using techniques according to Miles and Huberman consisting of: data reduction, a data display, and verification. Data collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that early childhood living in the coastal areas have positive and negative forms of the characters, but the dominant negative form of the character. The role of teacher in preventing emergence negative character in learning activities in the classroom by giving advice and explanation, and the role is teacher stimulate positif character by giving support and apprecriation to the child that it is a good thing to do. Parents tend to do things that trigger the growth of a negative character in children, and not give a positive stimulus character. The community did not provide the role and contribution to the problem of overcome of a negative character and give stimulate postitive character in early childhood living in the coastal areas which are in kindergarten Dharma Wanita Jolosutro.

 

Keyword: Character, Early Childhood Education, the beach

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk karakter anak usia dini yang tinggal di daerah pesisir pantai yang berada di TK Dharma Wanita Jolosutro, peran guru dalam menanggulangi karakter negatif pada kegiatan pembelajaran, serta peran orang tua dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus pada kelompok A TK Dharma Wanita Jolosutro pada tahun 2014. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari: reduksi data, display data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia dini yang tinggal di daerah pesisir pantai memiliki bentuk karakter positif dan negatif, namun bentuk karakter negatif lebih dominan. Peran guru dalam menanggulangi munculnya karakter negatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan cara memberikan nasehat dan penjelasan, peran guru dalam menstimulus karakter positif anak pada saat kegiatan pembelajaran di kelas adalah guru berupaya untuk memberikan dukungan, dan perhargaan pada anak bahwa itu adalah hal yang baik yang harus dilakukan. Orang tua cenderung melakukan hal yang memicu tumbuhnya karakter negatif pada anak, dan belum memberikan stimulus karakter positif. Peran masyarakat sama sekali belum memberikan peran dan kontribusi terhadap masalah munculnya karakter negatif, dan belum memberikan stimulus karakter positif pada anak usia dini yang tinggal di daerah pesisir pantai yang berada di TK Dharma Wanita Jolosutro.

 

Kata kunci: Karakter, Anak Usia Dini, Daerah Pesisir Pantai.

Published
2014-11-11
How to Cite
NINGTYAS, A. R. (2014). KARAKTER ANAK USIA DINI YANG TINGGAL DI DAERAH PESISIR PANTAI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 207 - 218. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3579