PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYAWISATA
Abstract
The purpose of this study was to describe how the application of field trip method to improve the Islamic behavior and whether field trip method can improve Islamic behavior at children of group B TK Al-Qodim MetroLampung.The method of this research is action research, with spiral sircles from Kemmis and Taggart consist of: (a) Planning; (b) Acation; (c) Obseration; and (d) Reflection. The date of this research were taken from 16 children of group B TK Al-Qodim Metro-Lampung on July to September 2014.The result of this research shows that islamic behavior can be improved through field trip method. The result of the research shows that pra action amount 35,40%, the research of first siece action amount 71,40%, and the second or the his siece action amount 89,90%.The implication ofthe research isthe application of field trips method as an alternative method of fun learrning for children, futher more of the field trip method, can exploraction the wide range of new knowledge that can be applied inevery day life as well as be able to develop the where prtentiolaspects in accordance with the level of children’s development.
Keywords: Islamic Behavior, Field Trip Methods, Early Childhood Education
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode karyawisata untuk meningkatkan perilaku islami dan apakah metode karyawista dapat meningkatkan perilaku islami anak Kelompok B TK Al-Qodim Metro-Lampung. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan siklus spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari: (a) Perencanaan; (b) Tindakan; (c) observasi; dan (d) Refleksi. Data penelitian ini diambil dari 16 orang anak kelompok B TK Al-Qodim Metro-Lampung pada bulan Juni samapai September 2014. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perilaku islami dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata. Hasil penelitian menujukan peningkatan dari pra penelitian rata-rata 35,40%, hasil tindakan siklus I meningkat rata-rata kelas menjadi sebesar 71,40% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,90%.Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan metode karyawisata sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dapat mengeksporasi berbagai macam pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat mengembangkan semua aspek potensial sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Kata kunci: Perilaku islami Islami, Karyawisata, Anak Usia Dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)