IMPLEMENTASI INOVASI PADA MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN PENGASUHAN ANAK (TPA) SERAMA KEMENTERIAN KESEHATAN RI

Authors

  • ABDUL AZIZ Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPUD.112.01

Abstract

Abstract: The purpose of this paper is to describe the implementation of early childhood education model and its innovation in Daycare SERAMA Ministry of Health RI. This research applied the descriptive qualitative design. The subject of this research was 10 students and their teacher. From this research, it showed that model full-day   program is in accordance with daycare SERAMA of the Ministry of Health and implementation of BCCT learning process can take place optimally The Expectation is that it can be used as a reference in making daycare in government institutions in providing the right and best education according to their interests, talents, and abilities. Thus, the more variety and innovation of early childhood education will be able to support the development of children optimally, so it is creating more moral and qualified Indonesian children.

Keywords: innovation, early childhood education model, and daycare

Abstrak:  Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendapatkan gambaran implementasi model pendidikan anak usia dini beserta inovasinya di TPA SERAMA KementerianKesehatan RI. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitianini adalah 10 orang siswa dan dua guru mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model program fullday sangat sesuai dengan TPA SERAMA Kementerian Kesehatan RI dan pelaksanaan proses pembelajaran BCCT pun dapat berlangsung secara optimal. Harapannya adalah agar dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat TPA diinstitusi pemerintah dalam memberikan pendidikan yang tepat dan terbaik sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian, semakin banyak ragam dan inovasi pendidikan anak usia dini akan mendukung perkembangan anak secara optimal, sehingga mampu mewujudkan anak Indonesia yang lebih bermoral dan berkualitas.

Kata Kunci: inovasi, model pendidikan anak usia dini, dan TPA

Downloads

Published

2017-11-30

How to Cite

AZIZ, A. (2017). IMPLEMENTASI INOVASI PADA MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN PENGASUHAN ANAK (TPA) SERAMA KEMENTERIAN KESEHATAN RI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 201–214. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.01