PENGEMBANGAN FILM PENDEK BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI

(Penelitian dan Pengembangan di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Wildani Surabaya)

  • Wisnu Kristanto STKIP Bina Insan Mandiri

Abstract

This study aims to develop a character-based short film that is played by early childhood. The research method of developing the video media of this character study uses the R & D stage of Dick and Carey which is taken in 10 stages. Based on data analysis in field test, it shows that t-hitung is smaller than t-table (0.75> 2.110). Thus Ho is rejected and Ha accepted. The results show that there is a significant difference between the experimental class and the control class that using character-based film media can improve children's moral and religious abilities. Early childhood conclusions using Audio-Visual Media (FILM) are more interested and more motivated to follow lessons, especially in terms of moral and religious values (based on the basis of film, character)

 

Key words: Medium short films, Characters, early childhood

 

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah film pendek berbasis karakter yang dimainkan oleh anak usia dini. Metode penelitian dan pengembangan media video pembelajaran karakter ini  menggunakan  siklus tahapan R & D dari Dick dan Carey yang di tempuh dalam 10 tahap. Berdasarkan analisa data dalam uji lapangan, menunjukkan bahwa Thitung lebih kecil dari pada ttabel (0.75>2.110). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil menujukkan terdapat perbedaan secara signifikan antara kelas experimen dan kelas control bahwa dengan menggunakan media film berbasis karakter ini dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam bidang moral dan agama. Kesimpulan anak usia dini yang menggunakan Media Audio Visual (FILM) lebih tertarik dan lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran, terutama dalam aspek nilai moral dan agama (sesuai dengan basis dari film karakter).

Kata Kunci: Media film pendek, Karakter, Anak usia dini

Published
2018-04-30
How to Cite
Kristanto, W. (2018). PENGEMBANGAN FILM PENDEK BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 175 - 189. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.15