Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur

Authors

  • Lathifa Utami Dewi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kota Tangerang Selatan, 15121, Banten, Indonesia
  • Dedi Irwandi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kota Tangerang Selatan, 15121, Banten, Indonesia
  • Evi Sapinatul Bahriah Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Cemp. Putih, Kota Tangerang Selatan, 15121, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRPK.111.04

Keywords:

Online assessment, Quizizz, learning outcome, periodic table of element, quasi experiment

Abstract

Penelitian dilaksanakan berdasarkan pentingnya penilaian berbasis online di abad ke-21dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi Quizizz sebagai media penilaian online berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 5 di SMAN 1 Tangerang Selatan sebanyak 84 orang. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi Quizizz sebagai media penilaian online memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan metode paper test.

Keywords: Online Assessment, Quizizz, Learning Outcome, Periodic Table of Element, Quasi Experiment

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Utami Dewi, L., Irwandi, D., & Sapinatul Bahriah, E. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/JRPK.111.04

Most read articles by the same author(s)