IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DAN HASIL KALI KELARUTAN (Ksp) DI SMA NEGERI 7 TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRPK.011.05Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia melalui Lesson Study pada materi Hidrolisis Garam, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 7 Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriftif kualitatif dengan pendekatan Active Learning. Penelitian dilakukan melalui enam kali pertemuan dengan empat siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see). Selanjutnya pada tiap akhir materi pokok dilakukan tes hasil belajar.Kualitas pembelajaran pada penelitian ini diukur melalui empat indikator, yaitu interaksi siswa, motivasi belajar siswa, keaktifan siswa, dan keterlaksanaan proses pembelajaran oleh guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa keempat indikator kualitas pembelajaran mengalami perubahan ke arah positif dari empat open lesson yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Lesson studydengan pendekatan active learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kimia pada Materi Hidrolisis Garam, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) di SMA Negeri 7 Tangerang.
Kata kunci : Kualitas pembelajaran, Active Learning, Lesson Study.