PENINGKATAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI Ksp DAN KOLOID MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SMA YUPPENTEK TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.21009/JRPK.011.06Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Ksp dan koloid siswa SMA Yuppentek 1 Tangerang.melalui implementasi Lesson Study. Sampel yang digunakan adalah satu kelas XI IPA dari enam kelas XI IPA yang ada di sekolah tersebut. Penelitiian dilakukan sebanyak lima siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see) untuk memberikan tanggapan dan gambaran tentang hasil pelaksanaan. Indikator ketercapaian yang digunakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran pada penelitian ini adalah aktivitas siswa, interaksi siswa, kepuasan siswa, keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru. Tiap pertemuan siswa diberikan angket untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai pembelajaran yang dilakukan. Hasil angket siswa dan hasil pengamatan observer dianalisis lebih lanjut sehingga diperoleh data yang akurat tentang ketercapaian indikator peneltian yang disyaratkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketercapaian indikator efektivitas pembelajaran dari siklus pertama ke siklus kedua, dan seterusnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Lesson study dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Ksp dan koloid siswa di SMA Yuppentek 1 Tangerang.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, Lesson Study, Ksp dan Koloid.