TINGKAT PENGETAHUAN KESELAMATAN PENGUNJUNG ARUNG JERAM DI WISATA SUNGAI CISADANE BOGOR, JAWA BARAT

  • Faris Bachtiar Universitas Negeri Jakarta
  • Marlinda Budiningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Kholik Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengetahuan, Keselamatan, Arung Jeram

Abstract

ABSTRAK. Pengetahuan keselamatan penting bagi para pengunjung arung jeram karena dalam aktifitas ini rentan akan cedera dan kecelakaan. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan keselamatan pengunjung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sejumlah 60 pengunjung pada tanggal 1 November sampai dengan 1 Januari 2017. Angket yang terdiri dari 4 dimensi yaitu kenyamanan diri, kenyamanan fisik, kenyamanan psikologi dan kenyamanan pengalaman yang berjumlah 20 soal yang disebar kepengunjung arung jeram wisata sungai Cisadane.

            Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan keselamatan pengunjung arung jeram sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat adalah sedang, dengan nilai setiap dimensi hampir menyentuh 60%. Range valliditas memiliki nilai (r hitung = 0.08) dan nilai reabilitas sebesar 0,73.

            Kesimpulan akhir yang dapat diperoleh melalui penelitian ini adalah tingkat pengetahuan keselamatan pengunjung arung jeram di wisata sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat adalah sedang.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Keselamatan, Arum Jeram

Published
2017-11-10