EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN DEFENSE PADA TIM PUTRI BOLA BASKET UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA PADA KEJUARAAN MAHASISWA CAMPUS LEAGUE DKI JAKARTA

  • anisah aprilia Universitas Negeri Jakarta
  • Iman Sulaiman Universitas Negeri Jakarta
  • ika novitaria marani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Komunikasi Antar Pribadi, defence, bola basket

Abstract

Sebagai mahluk individu, manusia mempunyai kemampuan berupa akal pikiran dan perasaan dalam memenuhi kebutuhan dirinya. Sedangkan sebagai mahluk social, manusia memiliki dorongan kebutuhan untuk berinteraksi. Untuk memenuhi kebutuhan untuk berinteraksi, manusia melakukan komunikasi untuk menyampaikan informasi. Begitu juga dalam olahraga, diperlukan penyampain informasi secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antar pribadi terhadap tingkat keberhasilan defense pada tim putri bola basket Universitas Negeri Jakarta pada kejuaraan mahasiswa campus league DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan tehnik yang digunakan survei. Adapun instrument yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Sampel penelitian ini sebanyak 15 sampel dari jumlah populasi seluruh peserta campus league DKI Jakarta.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: dimensi keterbukaan memiliki persentase sebesar 46,67%, sedangkan dimensi empati sebesar 46,67%, dari dimensi suportif sebesar 40%. Sedangkan dari dimensi positif yang memperoleh nilai paling baik sebesar 40%, dari dimensi kesamaan sebesar 60%. Sedangkan tingkat keberhasilan defence tim putri Bola Basket UNJ sebesar 78,44%. Sehingga, dapat dikatakan bahwa komunikasi telah dilakukan dengan baik oleh tim bola basket putri Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan prinsip – prinsip dalam penyampian informasi.

Published
2018-01-16