HASIL PEMBELAJARAN DRIBBLING-SHOOTING SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.21009/JSCE.02204Keywords:
Metode Pemahaman Konsep, Pembelajaran Hasil Ketrampilan Sepakbola, Dribbling ShootingAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh teknik perbedaan metode pembelajaran dengan pendekatan taktis dan pendekatan latihan, terhadap hasil belajar keterampilan sepak bola dribbling-shooting. Percobaan ini dilakukan di lapangan sepakbola Don Bosco, Pulo Mas, Jakarta Timur, pada bulan Mei 2031, dengan desain faktorial 2 X 2. 44 sebagai sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yang terdiri dari 22 orang dengan pemahaman konsep yang tinggi dan 20 orang dengan pemahaman konsep yang rendah.
Analisis Two-way of Variance (ANOVA) dan tes Tukey digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi ï¡ = 0,05. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) secara keseluruhan ada perbedaan hasil belajar antara pendekatan taktis dribbling-shooting dan pendekatan latihan (Fo = 200,73> Ft = 4,08), (2) kelompok yang memiliki pemahaman tinggi dari konsep, dengan pendekatan taktis memiliki efek yang lebih baik pada hasil hasil belajar keterampilan sepak bola dribbling-shooting, dibandingkan dengan pendekatan latihan (qo = 5,06> qt = 4,26), (3) kelompok yang memiliki pemahaman rendah tentang konsep, dengan pendekatan latihan memiliki efek yang lebih baik pada hasil hasil belajar keterampilan sepak bola dribbling-shooting, dibandingkan dengan pendekatan taktis (qo = 4,88 <qt = 4,26), dan (4) ada interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman dari konsep hasil belajar keterampilan sepak bola dribbling-shooting (Fo = 13382.83> Ft = 4.08).