EFIKASI DIRI MAHASISWA PESERTA KEGIATAN PERTUKARAN PELAJAR MELALUI PERKULIAHAN JARAK JAUH

SELF-EFFICACY OF UNS-UNY EXCHANGE STUDENTS IN DISTANCE LEARNING

Authors

  • Yashinta Meyliana Fatima Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ainun Nafisah Universitas Sebelas Maret
  • Theresia Vivi Lusiana Universitas Sebelas Maret
  • Sinta Sukma Dewi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sri Marmoah Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21009/PIP.351.3

Keywords:

efikasi diri, pembelajaran daring, pertukaran pelajar, self-efficacy, exchange student, distance learning

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang salah satu kegiatannya adalah pertukaran pelajar. Namun adanya pandemik Covid-19 menyebabkan perkuliahan pada kegiatan pertukaran pelajar dilaksanakan secara jarak jauh (daring). Pembelajaran jarak jauh sering  menimbulkan masalah bagi mahasiswa seperti academic burnout, stres, dan kelelahan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa pada kegiatan pertukaran pelajar dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner pada 20 mahasiswa dan wawancara pada 6 mahasiswa peserta kegiatan pertukaran pelajar di program studi PGSD UNS-UNY. Lima faktor untuk melihat efikasi diri dalam menyelesaikan pembelajaran daring; berinteraksi secara sosial dengan teman sekelas; menangani alat di CMS (Course Management System); berinteraksi dengan instruktur di pembelajaran daring; dan berinteraksi dengan teman sekelas untuk tujuan akademis (Shen et al., 2013). Hasil penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri mahasiswa pertukaran pelajar pada masa pembelajaran jarak jauh dalam kategori tinggi dan cukup tinggi. Mahasiswa memiliki keyakinan atau kepercayaan diri yang baik untuk mengikuti program transfer kredit dan berada pada kriteria tinggi.

 

The Ministry of Education and Culture launched merdeka belajar kampus merdeka program which one of the activities is student exchange. However, during the COVID-19 pandemic, the lecture activities in the meant programs is carried out remotely (online). Distance learning often poses problems for students such as academic burnout, stress, emotional fatigue. This study aims to determine the level of self-efficacy of the students who took part in the exchange program which conducted online. The method used in this research is mixed between survey and interview. Questionnaire was given to twenty students of PGSD UNS-UNY who join the exchange program through google form and six of them were interviewed. The results showed that the level of self-efficacy of UNS-UNY exchange student during distance learning is in moderate and high categories. It means that students have good self-confidence and in high criteria to join the credit transfer program. Researchers recommend further research to deepen information.

Author Biographies

Yashinta Meyliana Fatima, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta

Ainun Nafisah, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret

Theresia Vivi Lusiana, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret

Sinta Sukma Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta

Sri Marmoah, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret

Published

2021-04-27

How to Cite

Fatima, Y. M., Nafisah, A., Lusiana, T. V. ., Dewi, S. S., & Marmoah, S. (2021). EFIKASI DIRI MAHASISWA PESERTA KEGIATAN PERTUKARAN PELAJAR MELALUI PERKULIAHAN JARAK JAUH: SELF-EFFICACY OF UNS-UNY EXCHANGE STUDENTS IN DISTANCE LEARNING. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 25–36. https://doi.org/10.21009/PIP.351.3