PELATIHAN INSTRUKTUR SENAM AEROBIK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PENGIRIMAN TKW KE LUAR NEGERI DI KELURAHAN RANGKAPAN, JAYA BARU, PANCORAN MAS DEPOK

  • Sujarwo Sujarwo Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Latihan, Tenaga Kerja Wanita, Senam Aerobik

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian Masyarakat Pelatihan Instruktur Senam Aerobik Sebagai Upaya Mengurangi Pengiriman Tkw Ke Luar Negeri Di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Depok.
Peningkatan ketrampilan seseorang dalam suatu bidang sering di abaikan karena kesibukan aktivitas sehari-hari. Untuk meningkatkan ketrampilan, dengan berperan aktifdalam kegiatan pelatihan dan seminar• seminar, dengan cara tersebut seseorang khususnyan wanita bisa memiliki ketrampi/an dan yang paling pen ting ada/ah bisa meningkatkan penghasilan dan membantu pemerintah untuk mengurangi pengiriman TKW ke luar negeri.
Dengan dukungan khalayak ramai atau masyarakat maka program pemerintah bisa terlaksana, seperti kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari membantu pemerintah untuk meningkatkan ketrampi/an masyarakat. Adapun hasil yang di capai adalah:
Hasil test akhir menunjukkan bahwa sebanyak 2 peserta atau 4% tidak ada yang memiliki kemampuan senam aerobik baik sekali, sebanyak 20 peserta atau 40% memi/iki kemampuan senam aerobik baik, sebanyak 19 peserta atau 38% memiliki kemampuan senam aerobik cukup, sebanyak 9 peserta atau 18% memiliki kemampuan senam aerobik kurang, sebanyak O peserta atau 0% tidak ada yang memiliki kemampuan senam aerobik kurang sekali. Rata-rata nilai hasi/ test akhir sebesar 32,33 atau dengan hasil kemampuan senam aerobik cukup.
Berdasarkan hasil tes kemampuan senam aerobik antara hasil test awa/ dan test akhir yang diberikan terdapat peningkatan kemampuan senam aerobik 7.00 point.

Kata Kunci: : Latihan, Tenaga Kerja Wanita, Senam Aerobik

Published
2016-10-31