PELATIHAN PRAKTIK PENGELASAN BAGI MANTAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) DI JAKARTA

  • Agus Dudung Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Sugeng Priyanto Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Diab Armeliza Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengelasan, TKI

Abstract

ABSTRAK

Bagi para mantan tenaga kerja Indonesia yang tidak kembali lagi ke luar negeri, tidak sedikit pengangguran atau tanpa pekerjaan, mengingat bekal pengetahuan dan keterampilan yang minim, rasanya sulit untuk bekerja di sektorformal sebagaipegawai kantor atau perusahaan, apalagi daya tampung sektor ini terbatas.
Dengan melihat kondisi para TKJ, pengangguran tidak memiliki bekal keterampilan yang dapat diandalkan sebagai pekerja. Maka salah satu bentuk keterampilan las. Adapun Tujuan kegiatan ini adalah
sebagai berikut: (J)Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, khususnya para mantan TKJ, untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dalam peraturan perundangan yang berlaku. (2) Memutakhir• kan kompetensi keterampilan para mantan TKI untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, dalam perkem• bangan ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk memfasilitasi proses sumber daya manusia yang berkualitas. (3) Meningkatkan sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional. (4) Menunjang pengembangan karir para mantan TKI di bidang pengelasan. Khalayak Sasaran Para Mantan Tenaga kerja Indonesia ( TKJ) yang tidak pergi lagi ke luar negeri dan be/um dapat pekerjaan tetap, dan mereka bekerja serabutan di Jakarta. Para man tan TKI ini berasal dari Desa Teluk labuan Pandeglang. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berhasil dengan baik. Penguasaan teknik pengelasan juga cukup baik lebih dari 85% peserta menguasai teknik yang baik dan benar; walaupun be/um dapat dikatakan mahir.

Kata Kunci: Pengelasan, TKI

Published
2016-10-31