PEMBERDAYAAN WANITA MANTAN TKW MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI USAHA KERAJINAN RUMAHAN (STRATEGI PENGURANGAN ARUS BALIK TKW KE LUAR NEGERI)

  • Chakam Failasuf Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Tenaga Kerja Wanita, Limbah Plastik, Pemberdayaan

Abstract

ABSTRAK

Pengiriman Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Luar Negeri adalah sebagai salah satu solusi dari persoalan pengangguran untuk bisa meningkatkan ekonomi keluarga, khusunya untuk wanita yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah. TKWyang sudah kembali ke Tanah air, pada umumnya adalah wanita usia produktifdan menjadi pengangguran. Agar tidak kehilangan mata pencaharian dan dapat tents bekerja untuk menopang ekonomi keluarga, diperlukan upaya pemberdayakan mantan TKW tersebut melalui pelatihan kerajianan dengan memanfaatkan limbah plastik untuk menambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi keluarga.
Pelatihan kerajinan ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru dan diharapkan apresiasi dan perilaku peserta meningkat serta berorientrasi pada peningkatan taraf kehidupan. Pembuatan souvenir atau industri rumahan yang berbahan dasar plastik menggunakan jenis Polietilena yang merupakan plastik yang paling banyak diproduksi seperti bungkus kopi perm en, bungkus minuman atau makanan instant, bungkus deterjen dan bungkus-bungkus lain yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan industri rumahan.
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 26 Agustus sampai 2 September 2016 di Desa Rowokembu Kecamatan Wonopringgo Pekalongan, Jawa Tengah. Kegiatan dilakukan dengan cara pelatihan mandiri dan berkelompok secara tutorial langsung dari instruktur yang mendampinginya di salah satu rumah warga peserta pelatihan. Selain masyarakat yang mengikuti pelatihan, pihak yang terlibat dalam program ini adalah, UPT LPM UNJ, Pemerintah kota /daerah melalui instansi yang terkait, serta didukung oleh Pembiayaan Program yang berasal dari Anggaran Program, Rincian Anggaran Proses Pelatihan, Rincian Anggaran Peralatan dan Perlengkapan, dan Rincian Manajemen pelaksanaan dan evalusi kegiatan
Setelah peserta mengikuti proses pelatihan, mendapatkan dukungan dan pendampingan hingga mampu memproduksi barangjadi kerajinan, dari kegiatan ini diharapkan dapat akan terbentuk suatu Kelompok Swadaya Masyarakat yang produktifserta mampu menghasilkan produk yang dapat diserap ofeh pembeli, memacu peserta untuk mengembangkan dan menciptakan produk-produk kerajinan souvenir. Kegiatan ini diharapkan pula dapat menjadi menjadi usaha alternatif'peningkatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan limbah plastik Dukungan Pemerintah Desa dan Pemerintak Kata dapat berupa memasukan kegiatan pemberdayaan dalam perencanaan pembangunan di desa dengan memperhatikan masa/ah yang dihadapi warga dari semua sektor yang meliputi poleksosbudhankam yang seimbang dan merata, Meningkatkan partisipasi masyarakat dengan melakukan pembangunan secara partisipatifsehingga dapat memperlancar dan mempercepat proses pembangunan ditengah-tengah masyarakat. Membangun kemitraan antara peserta dengan pemerintah desa dan pemerintah kota yang berperan sebagai agen promosi melalui pameran dan dianggap sebagai produk unggulan wilayahnya, agar produk yang dihasilkan dari pelatihan bisa menjadi ikon daerah tersebut.

Kata Kunci : Tenaga Kerja Wanita, Limbah Plastik, Pemberdayaan

Published
2015-12-30