PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI METODE PELATIHAN, PENERAPAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SEKOLAH SATU ATAP WASUR DI KABUPATEN MERAUKE

Authors

  • Adi Sumarsono Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Musamus
  • Syamsudin Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06

Keywords:

pelatihan, penerapan dan pendampingan, PTK

Abstract

Kebutuhan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) harus sudah di lakukan oleh seorang guru guna mengevaluasi dan mencari solusi guna mencapai pembelajaran yang efektif. Guna mendukung program penelitian bagi guru-guru, maka diselenggarakan kegiatan pengabdian ini. Melalui pengabdian ini bertujuan untuk menambah pemahaman, kemampuan keterampilan profesional seorang guru. Metode dalam pengabdian ini melalui tiga tahap kegiatan yaitu pelatihan, penerapan dan pendampingan. Masing-masing program dilaksnakan secara berurutan dengan mengedepankan pemahaman guru-guru. Kegiatan ini terlaksana di Sekolah Menengah Terintegrasi Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke. Proses pelatihan dilakukan melalui kegiatan pemberian materi teori didalam kelas, metode penerapan langsung aiajarkan menulis di komputer menggunakan lab. Komputer sekolah dan pendampingan dilakukan proses revisi penelitian jika proposal hasil kerja sudah selesai dikerjakan. Hasil dari pengabdian ini sangat memberikan tambahan dan penyegaran ilmu kepada guru-guru, hal ini disampaikan bahwa materi PTK masih banyak guru yang belum memahami sebelum diadakan pelatihan ini. Akan tetapi setelah mengikuti kegiatan ini banyak ide yang muncul dan sudah bisa membuat alur penelitian tindakan kelas. Berdasarkan data pretest dan postest terdapat peningkatan pemahaman guru yang signifikan. Kegiatan pengabdian ini sukses terselanggara dengan dukungan dari fihak sekolah sebagai mitra.

Downloads

Published

2019-12-06