Penyuluhan Edukasi Program Marketing dalam Sekolah Bebas Bullying di SMA Sederajat Pare Kediri Jawa Timur

Authors

  • Hilma Farhani Universitas Islam Jakarta
  • Wiwin Program Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Jakarta
  • Ratih Ayu Sekarini Program Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.192.4

Keywords:

bullying, marketing, branding, citra, sekolah

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian  potret perilaku remaja di pare. Dimana hasil dari penelitian tersebut masih tingginya tingkat bullying di kalangan remaja khususnya SMA/Sederajat dari hasil penelitian pelaku yaitu teman sebaya, siswa ternyata masih belum paham bahwa tindakan yang dilakukan tersebut memasuki katogori bullying. Perilaku yang ditunjukkan siswa di sekolah terlihat biasa saja sehingga dari hasil penelitian tersebut membuat sekolah menjadi lebih perhatian agar tindakkan tersebut bisa diatasi. Penyuluhan edukasi ini memberikan gambaran dampak negative dari potret perilaku remaja khususnya bullying dapat membuat brand image dan brand trust siswa, orang tua bahkan masyarakat dipandang negative,sehingga branding sekolah menajdi menurun. Tujuan pengabdian ini untuk membantu sekolah baik kepala sekolah, guru dan siswa untuk memahami  makna bullying serta bagaimana membuat program kegiatan yang menjadi alat sebagai strategi marketing dalam branding sekolah, sehingga brand image sekolah akan meningkat dan jumlah siswa ke depannya akan meningkat. Subjek pengabdian pada masyarakat ini melibatkan narasumber dan tim penelitian adalah dosen dari Universitas Islam Jakarta, kepala sekolah, guru, wali kelas dan osis. Metode pengabdian pada masyarakat dilakukan Small Group Discution, Problem Based Learning, penyuluhan.. Hasil pengabdian ini pemahaman mengenai bullying, membuat program pencegahan dan penangulangan bullying sebagai strategi marketing sekolah.

Downloads

Published

2022-06-30