Upaya Meningkatkan Pengelolaan dan Pemasaran Produk UMKM Kulit Manis Desa Pungut Mudik Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi

Authors

  • Anggia Ayu Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Yolla Ramadani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Rahul Febrian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
  • Vivi Alviona Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.193.10

Keywords:

Pengelolaan UMKM, Pemasaran, Pengolahan Kulit Manis

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk UMKM di Desa Pungut Mudik melalui pengenalan konsep manajemen pemasaran. Kegiatan pengabdian ini berjudul pengelolaan dan pemarasan produk UMKM desa Pungut Mudik Kecamatan Air Hangat timur yang tujuan utamanya adalah  memberikan pengetahuan kepada masyarakat desa Pungut Mudik mengenai pentingnya pengelolaan UMKM serta bagaimana pemasaran yang tepat untuk produk UMKM di desa Pungut Mudik Kecamtan Air Hangat Timur. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan. Tahap survei ini dimulai dengan berdiskusi langsung bersama kepala Desa dan beberapa masyarakat Desa Pungut Mudik untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang, dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha UMKM. Setelah materi selesai dipaparkan, dilanjutkan dengan diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Diskusi dilakukan agar peserta lebih memahami materi yang telah disampaikan. Melalui diskusi, sosialisasi tidak hanya sekedar transfer knowledge saja melainkan dapat sharing pengalaman maupun permasalahan yang sedang dihadapi mitra. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai berikut: Pengetahuan peserta dalam hal ini masyarakat desa Pungut Mudik pengelolaan UMKM serta pemasaran Produk Kulit Manis sebelum kegiatan PKM mayoritas berada di kategori kurang memahami. Setelah kegiatan PKM dilaksanakan dan pemaparan materi disampaikan, diketahui bahwa pengetahuan peserta mengenai pengelolaan dan manajemen pemasaran setelah disampaikan semakin meningkat.

Downloads

Published

2023-01-03