PELATIHAN SENI DAUR ULANG KERTAS UNTUK MENCIPTAKAN PELUANG USAHA BAGI ANAK JALANAN DI KECAMATAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

  • Durotul Yatimah Jurusan PLS, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta,
Keywords: daur ulang, kertas bekas, anak jalanan

Abstract

Di kota besar seperti DKI Jakarta, dibangun berbagai gedung bertingkat, dengan segala fasilitas pendukungnya.  Disi lain, banyak pula perumahan kumuh yang sangat memprihatinkan.  Sebanyak 2/3 penduduk di perkampungan kumuh itu adalah anak-anak termasuk anak remaja.

Seringkali dilihat di tempat-tempat keramaian, di perempatan lampu merah atau pun di terminal, anak-anak   maupun   remaja   melakukan   aktivitas   jalanan.   Berbagai   cara   mereka   lakukan   untuk mendapatkan  penghasilan,  misalnya;  mengamen,  mengelap  mobil,  atau  aktivitas  lain  yang  pada intinya meminta belas kasihan orang untuk sekedar memberikan uang recehan.

Seiring  dengan  berjalannya  waktu,  jumlah  angkatan  kerja  yang  tidak  terserap  dunia  kerja mengalami peningkatan. Kondisi ini berimplikasi pada semakin bertambah nya jumlah angka pengangguran,  jumlah angka anak jalanan  dan bertmbah  tingginya  tingkat  kriminalitas  di berbagai kota di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, maka dunia pendidikan harus mampu berperan aktif menyusun strategi penanggulangan   melalui   strategi   pengembangan   kemampuan   hidup  (life  skill).Salah   satu  jalur pendidikan adalah Pendidikan Luar Sekolah.

Metodelogi pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan pemberian teori dan praktek langsung. Hasil pelatihan  menunjukan bahwa pengetahuan, sikap dan keterampilan  yang ditampilkan peserta pada saat pos test, berbeda dengan hasil pre-test. Hal ini berarti bahwa pelatihan daur ulang kertas ini mampu menjadikan peserta trampil mempraktekan seni daur ulang kertas, dibandingkan sebelumnya  yang tidak mengetahui  apa-apa mengenai  daur ulang kertas bahkan menganggap  bahwa kertas  bekas  itu  barang  yang  menyempitkan     ruangan,menimbulkan   udara  kotor  serta  menjadi penyebab timbulnya penyakit.Setelah  pelatihan, mereka mampu menunjukan bahwa hasil daur ulang kertas itu dapat membuka peluang usaha bagi mereka, mampu menjadikan mereka mandiri dan secara bertahap dapat menambah penghasilan mereka.

Published
2014-05-31