WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN YANG DIINDIVIDUALKAN BAGI GURU DALAM PELAYANAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SAWITRI, KOMPLEK UNJ DUREN SAWIT

Authors

  • Suprihatin Suprihatin Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.05

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, TK, pelayanan

Abstract

Kegiatan  Pengabdian  pada  Masyarakat  ini  bertujuan  untuk  membekali  guru  dengan  pengetahuan tentang bagaimana menyusun program pembelajaran  yang diindividualkan bagi peserta didik berkebutuhan  khusus agar para guru bisa membelajarkan  murid mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiki oleh murid sehingga murid bisa belajar dengan mudah. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Sawitri, Komplek UNJ, Duren Sawit yang diikuti oleh 5 orang guru dengan menggunakan metode workshop  dimana  para  guru lebih  banyak  aktif  melakukan  kegiatan.  Hasil  kegiatan  menunjukkan bahwa para guru sudah mampu menyesuaikan pola pembelajaran yang dilaksanakan dikelasnya yang terdiri  dari  peserta  didik  berkbutuhan  khusus  dan  non  berkebutuhan  khusus.Pembelajaran  berbeda bagi  peserta  didik  berkebutuhan   khusus  dalam  hal  pendekatan,  metode  dan  teknik  yang  lebih disesuaikan dengan sifat alami dari kelainan yang dimiliki oleh peserta didik.

Published

2017-08-29