WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN YANG DIINDIVIDUALKAN BAGI GURU DALAM PELAYANAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK SAWITRI, KOMPLEK UNJ DUREN SAWIT
DOI:
https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.05Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, TK, pelayananAbstract
Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dengan pengetahuan tentang bagaimana menyusun program pembelajaran yang diindividualkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus agar para guru bisa membelajarkan murid mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiki oleh murid sehingga murid bisa belajar dengan mudah. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Sawitri, Komplek UNJ, Duren Sawit yang diikuti oleh 5 orang guru dengan menggunakan metode workshop dimana para guru lebih banyak aktif melakukan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para guru sudah mampu menyesuaikan pola pembelajaran yang dilaksanakan dikelasnya yang terdiri dari peserta didik berkbutuhan khusus dan non berkebutuhan khusus.Pembelajaran berbeda bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam hal pendekatan, metode dan teknik yang lebih disesuaikan dengan sifat alami dari kelainan yang dimiliki oleh peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.