PENDAMPINGAN TERHADAP PENDIDIK PAUD DALAM RANGKA PENGEMBANGAN LEMBAGA PAUD INKLUSIF DI KECAMATAN CIOMAS BOGOR JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.06Keywords:
pemberdayaan, pendampingan, asesmen, identifikas, inklusifAbstract
Pada saat ini pendidikan inklusif sudah mulai diaplikasikan di Indonesia. Pengaplikasian ini dimulai dari
jenjang pendidikan anak usia dini sampai ke jenjang sekolah menengah. Berbagai produk hukum dan deklarasi sudah ada bahkan pelaksanaannya juga sudah dilakukan. Namun belum semua tenaga kependidikan memiliki pengetahuan tentang hal ini, untuk itu diperlukan pemberdayaan terhadap mereka.
Jurusan PG PAUD FIP UNJ terpanggil untuk melakukan pendampingan terhadap pendidik PAUD di Kecamatan Ciomas Kotamadya Bogor dalam rangka mengembangkan PAUD Inklusif. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan tahun lalu dimana Pendidik PAUD di Kecamatan Ciomas Kotamadya Bogor telah diberikan pembekalan pengetahuan tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang dilakukan melalui aktivitas seminar dan diskusi atau melalui Forum Group Discussion (FGD).
Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pendampingan pada pendidik PAUD untuk dapat melakukan proses identifikasi dan asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai sebuah proses dalam mengembangkan PAUD Inklusif di Wilayah Kecamatan Ciomas Kotamadya Bogor Jawa Barat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.