PENDAMPINGAN TERHADAP PENDIDIK PAUD DALAM RANGKA PENGEMBANGAN LEMBAGA PAUD INKLUSIF DI KECAMATAN CIOMAS BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Winda Gunarti Jurusan PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Nuraini Purnamawati Jurusan PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.06

Keywords:

pemberdayaan, pendampingan, asesmen, identifikas, inklusif

Abstract

Pada saat ini pendidikan inklusif sudah mulai diaplikasikan di Indonesia. Pengaplikasian ini dimulai dari

jenjang  pendidikan  anak usia dini sampai  ke jenjang  sekolah  menengah.  Berbagai  produk  hukum  dan deklarasi   sudah  ada  bahkan  pelaksanaannya   juga  sudah  dilakukan.   Namun  belum  semua   tenaga kependidikan memiliki pengetahuan tentang hal ini, untuk itu diperlukan pemberdayaan terhadap mereka.

 Jurusan PG PAUD FIP UNJ terpanggil untuk melakukan pendampingan terhadap pendidik PAUD di Kecamatan Ciomas Kotamadya Bogor dalam rangka mengembangkan PAUD Inklusif. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan tahun lalu dimana Pendidik PAUD di Kecamatan Ciomas Kotamadya Bogor telah  diberikan  pembekalan  pengetahuan  tentang  Anak  Berkebutuhan  Khusus  (ABK)  yang  dilakukan melalui aktivitas seminar dan diskusi atau melalui Forum Group Discussion (FGD).

 Kegiatan  ini  memiliki  tujuan  untuk  memberikan  pendampingan  pada  pendidik  PAUD  untuk  dapat melakukan proses identifikasi dan asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai sebuah proses dalam mengembangkan  PAUD Inklusif di Wilayah Kecamatan  Ciomas Kotamadya  Bogor Jawa Barat.

Published

2017-08-29