PEMBERDAYAAN IBU-IBU DI BABAKAN MADANNG SENTUL DENGAN PELATIHAN MEMBUAT PRODUK JUMPUTAN

  • Harsuyanti Lubis Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Revrina Sukma Agusti Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Suliyanthini Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
Keywords: jumputan, kain pelangi

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) adalah salah satu dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen. Pelaksanaan pengabdian yang berupa pelatihan pembuatan produk jumputan dikarenakan adanya kesenjangan antara penduduk perumahan dan para ibu-ibu yang bertempat tinggal di perkampungan Desa Cipambuan Babakan Madang Sentul yang mana pada umumnya para penduduk hanya bertani singkong dan buruh pengupas singkong.

 Pelatihan pembuatan produk jumputan pada kain kerudung dan baju kaos, memberikan motivasi  dan  kreativitas  pada  para ibu-ibu  di Babakan  Madang  Sentul,  panen  singkong  dan buruh  singkong  tidak  setiap  hari  dilakukan,  sehingga  dalam  waktu  luangnya  mereka  dapat mengisi  kegiatan  kosong  dengan membuat  produk yang bermanfaat  dan memberikan keteranpilan baru bagi para ibu-ibu, yang juga diharaapkan  membuka peluang usaha dibidang lain..

 Hasil yang diperoleh berupa produk jumputan berupa baju kaos bermotif  pelangi dan kain  jilbab  bermotif  pelangi  dengan  corak  warna  yang beragam,  memberikan  semangat  dan motivasi para ibu-ibu lebih giat lagi berkreatifitas

Published
2014-10-31