PELATIHAN PRODUCT BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM
DOI:
https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.2Keywords:
SMEs, Product Branding, Marketing, Product Differentiation, Pemasaran, Diferensiasi ProdukAbstract
The importance of small and medium enterprises (SMEs) for the Indonesian economy has become an important concern. Especially during the COVID-19 pandemic, SMEs in Indonesia has experienced an increase and has become the most stable sector while other businesses, including large companies, have been affected by COVID-19. However, as SMEs increases, competition also increases. To help SMEs compete in the market, innovation such as building branding is needed. However, many MSMEs have not mastered the application of branding in their business. To this end, product branding training is organized for SMEs trained by Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur. This training is an implementation of cooperation between the S1 Management Study Program Faculty of Economics Universitas Negeri Jakarta and Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur. The training is conducted online using the Zoom platform. The implementation of the activity begins with the preparation stage, the implementation stage, activity evaluation, reporting and publication of activity outcomes. As a result, SMEs understand the importance of branding for their business. In addition, SMEs are also able to determine the branding strategy that they will implement in their business.
Abstrak
Tingginya peranan UMKM untuk perekonomian Indonesia menjadi perhatian penting. Terlebih pada saat pandemi COVID-19, UMKM di Indonesia mengalami peningkatan dan menjadi bidang yang paling stabil disaat usaha sektor lain termasuk perusahaan besar goyah akibat adanya COVID-19. Namun, dengan meningkatnya UMKM tentu persaingan ikut meningkat. Untuk membantu UMKM bersaing di pasarnya, diperlukan inovasi seperti membangun branding. Namun, banyak pelaku UMKM yang belum menguasai penerapan branding dalam usaha mereka. Untuk itu, diselenggarakan pelatihan mengenai product branding bagi UMKM yang dibina oleh Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur. Pelatihan ini merupakan implementasi kerja sama antara Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur. Pelatihan dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, evaluasi kegiatan, pelaporan dan publikasi luaran kegiatan. Hasilnya, pelaku UMKM memahami pentingnya branding untuk usaha mereka. Selain itu, pelaku UMKM juga mampu untuk menentukan strategi branding yang akan mereka terapkan dalam usahanya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs E-Journal Sarwahita : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
- Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Sarwahita : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
- Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.